Abstrak


Pengaruh praktik manajemen kinerja terhadap kinerja manajemen melalui sikap karyawan sebagai pemediasi (studi pada pt bpr bina sejahtera insani di Karanganyar)


Oleh :
Yodi Firstyo Armandhito - F0211102 - Fak. Ekonomi dan Bisnis

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menguji pengaruh praktik manajemen kinerja pada kinerja melalui karyawan sebagai pemediasi. Penelitian dilakukan pada PT. BPR Bina Sejahtera Insani Karanganyar. Pada penelitian ini desain penelitian yang digunakan adalah metode survey. Penelitian dilakukan dengan mengambil sampel 100 responden karyawan tetap yang bekerja pada PT. BPR Bina Sejahtera Insani menggunakan teknik sampling dengan teknik purposive sampling. Pengukuran tanggapan responden terhadap kuesioner dengan menggunakan 4 jenjang skala Likert. Data yang terkumpul pada kuesioner telah diuji melalui uji validitas dan reliabilitas.
Analisis yang digunakan untuk menguji model tersebut dilakukan dengan regresi hirarkikal menggunakan software SPSS versi 16 Windows. Hasil analisis dapat dibuktikan bahwa praktik manajemen kinerja berpengaruh positif terhadap kinerja manajemen dan juga berpengaruh positif terhadap sikap karyawan. Di sisi lain, sikap karyawan berpengaruh pada kinerja manajemen serta memediasi secara parsial pengaruhnya terhadap praktik manajemen kinerja pada kinerja manajemen.
Dari hasil penelitian yang dilakukan maka dapat diberikan beberapa saran yaitu : 1) untuk meningkatkan kinerja manajemen, perusahaan membentuk lingkungan kerja yang kondusif untuk melaksanakan Praktik Manajemen Kinerja; 2) untuk meningkatkan dan memotivasi sikap karyawan, perusahaan bisa menerapkan program pengembangan karyawan, pelatihan, dan perencanaan karir; 3) untuk penelitian selanjutnya diharapkan dalam pengambilan sampel lebih fokus terhadap karyawan pada satu bidang tertentu, sehingga terdapat persepsi yang sama dari responden terhadap kuesioner yang disebarkan serta melakukan penelitian lebih dari satu perusahaan.
Kata kunci : praktik manajemen kinerja, sikap karyawan, kinerja manajemen