;

Abstrak


Pengaruh simvastatin terhadap persentase neutrofil sputum dan skor cat pada pasien ppok stabil


Oleh :
Indah Juliana - S501008033 - Sekolah Pascasarjana

Latar belakang: Inflamasi PPOK bersifat persisten dan progresif. Inhalasi kronik asap rokok menyebabkan infiltrasi neutrofil ke saluran napas melalui mediasi neutrophyl chemotacting factor dan mensekresi berbagai sitokin dan kemokin proinflamasi. Remodeling jaringan ikat paru dan kelainan struktur menyebabkan hiperinflasi dan tanda obstruksi yang dinilai dengan skor CAT. Simvastatin sebagai antiinflamasi alternatif diharapkan dapat menghambat inflamasi pada PPOK.
Tujuan: untuk menganalisis pengaruh simvastatin terhadap persentase neutrofil sputum dan skor CAT pada PPOK stabil.
Metode: Rancangan penelitian ini adalah uji klinis quasi experimental, pre dan post design. Subyek penelitian adalah pasien PPOK stabil di poliklinik rawat jalan RSUD Dr. Moewardi Surakarta, diambil secara consecutive sampling dan diberikan simvastatin 1x20 mg dan plasebo selama 4 minggu. Analisis data berdistribusi normal menggunakan uji beda paired t test atau independent sample t test and Wilcoxon signed rank test atau Mann-whitney test jika tidak berdistribusi normal.
Hasil: Tiga puluh empat pasien terdiri dari 33 laki-laki dan 1 wanita dikumpulkan dari Agustus sampai Oktober 2015. Empat pasien diskontinyu karena 1 eksaserbasi, 1 meninggal dunia, dan 2 tidak patuh minum obat. Total keseluruhan subyek 30 pasien laki-laki dengan distribusi umur, derajat merokok, komorbid, dan pengelompokan PPOK yang tidak berbeda signifikan pada kedua kelompok (p>0,05). Penurunan rerata selisih nilai persentase neutrofil sputum terjadi pada simvastatin (-10,67+39,44) dibandingkan plasebo (15,07+29,28), meskipun tidak signifikan (p = 0,052). Rerata selisih nilai CAT pada simvastatin menurun (-1,73+4,74) dibanding plasebo (0,40+9,28) dengan p = 0,055.
Kesimpulan: Berdasarkan penurunan neutrofil sputum dan skor CAT, simvastatin dapat mengurangi inflamasi saluran napas dan dapat memperbaiki kualitas hidup pada PPOK stabil.
Kata kunci : simvastatin, neutrofil sputum, CAT, PPOK