Abstrak


Perbandingan kualitas hidup pasien prolaps uteri yang dilakukan operasi dengan yang dilakukan konservatif di rsud dr. moewardi Surakarta


Oleh :
Rosita Alifa Pranabakti - G.0012195 - Fak. Kedokteran

Pendahuluan: Prolaps uteri merupakan salah satu dari prolaps organ pelvis dan menjadi kasus nomor dua tersering setelah sistourethrokel. Selama satu dekade terakhir, evaluasi prolaps organ panggul dalam hubungannya dengan kesehatan, menggunakan pendekatan komprehensif atau keseluruhan. Instrumen yang dikembangkan dalam evaluasi ini adalah kuesioner Prolapse Quality Of Life Questionnaire (P-QOL). Perbedaan tatalaksana pada kasus prolaps uteri tentunya akan menimbulkan persepsi yang berbeda pula dari individu atas kualitas hidupnya jika diukur menggunakan P-QOL. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbandingan kualitas hidup prolaps uteri yang dilakukan operasi dengan yang dilakukan konservatif di RSUD Dr. Moewardi Surakarta.
Metode: Penelitian ini bersifat observasional analitik dengan metode potong lintang. Sampel yang diteliti sebanyak 31 pasien prolaps uteri yang dibagi menjadi 2 kelompok yaitu 15 pasien kelompok operasi dan 16 pasien kelompok konservatif. Sampel diambil secara accidental sampling.. Setelah menyetujui informed consent, dilakukan wawancara dengan menggunakan kuesioner P-QOL. Variabel yang diteliti adalah kualitas hidup pasien sesuai dengan terapi yang dipilih. Data dianalisis dengan uji t tidak berpasangan.
Hasil: Didapatkan nilai p sebesar 0,001 lebih kecil daripada 0,05. Sementara itu untuk hasil t tabel, dicari pada tabel distribusi t dengan a= 5% : 2 = 2,5% dengan derajat kebebasan (df) n-2 atau 31-2 = 29. Dengan pengujian 2 sisi (signifikansi = 0,025) hasil diperoleh untuk t tabel sebesar 2,04. Sedangkan untuk t hitung didapatkan sebesar 3,81. Oleh karena t hitung > t tabel (3,81 > 2,04) dan nilai p (0.001 < 0.05) maka Ho ditolak dan H1 diterima, artinya bahwa terdapat perbedaan kualitas hidup pasien prolaps uteri kelompok operasi dengan kelompok konservatif.
Kesimpulan: Terdapat perbedaan kualitas hidup pasien prolaps uteri yang dilakukan operasi dengan yang dilakukan konservatif di RSUD Dr. Moewardi Surakarta.
Kata Kunci: Prolaps Uteri, Kualitas Hidup, Operasi, Konservatif