;

Abstrak


Intervensi logoterapi untuk memperbaiki depresi dan kualitas hidup pasien kanker payudara stadium lanjut Sebuah Studi Kualitatif di RSUD Dr. Moewardi Surakarta


Oleh :
Susiati - S571108007 - Sekolah Pascasarjana

Latar belakang : Penyakit kanker merupakan salah satu penyebab kematian utama di seluruh dunia.Kanker payudara menempati urutan pertama pada pasien rawat inap pasien kanker di seluruh rumah sakit di Indonesia. Depresi merupakan masalah psikologis yang banyak terjadi pada pasien kanker payudara. Depresi juga dapat memperberat resiko terjadinya kematian dan menurunnya kualitas hidup pasien kanker payudara stadium lanjut, sehingga diperlukan penatalaksanaan yang komprehensif. Logoterapi merupakan salah satu jenis psikoterapi yang mempunyai prinsip utama menemukan makna hidup. Teknik medical ministry dipilih karena pada pasien kanker payudara stadium lanjut mengalami masalah somatogenik yang penyebab somatiknya tidak dapat dihilangkan sehingga teknik ini sesuai diterapkan pada pasien kanker payudara stadium lanjut.
Tujuan : Mengetahui manfaat logoterapi untuk memperbaiki depresi dan kualitas hidup pada pasien kanker payudara stadium lanjut.
Metode : Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif berbentuk studi kasus. Jumlah subjek 2 orang. Pada penelitian ini penilaian depresi dan kualitas hidup dengan kuesioner BDI, HRSD dan EORTC QLQ-C30 sebelum dan sesudah intervensi logoterapi.
Hasil : Logoterapi bermanfaat untuk memperbaiki depresi dan kualitas hidup pasien kanker payudara stadium lanjut. Pada subjek I sebelum intervensi skor BDI 24, skor HRSD 23, setelah intervensi logoterapi skor BDI 6, skor HRSD 6. Pada subjek II sebelum intervensi skor BDI 26, skor HRSD 24, setelah intervensi logoterapi skor BDI 7, skor HRSD 6 . Untuk skor EORTC QLQ-C30 terdapat penurunan baik pada subjek I maupun subjek II
Kesimpulan : Intervensi logoterapi dapat digunakan untuk memperbaiki depresi dan kualitas hidup pasien kanker payudara stadium lanjut.
Kata kunci : Logoterapi, depresi, kualitas hidup, pasien kanker payudara stadium lanjut.