;

Abstrak


Penerapan pembelajaran kooperatif tipe stad dengan media audio visual untuk meningkatkan minat dan prestasi belajar ips siswa kelas viii f di smp negeri 2 Karangmalang Kabupaten Sragen tahun pelajaran 2014/2015


Oleh :
Sunarno - S861402053 - Sekolah Pascasarjana

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat dan prestasi belajar IPS melalui pembelajaran kooperatif STAD dengan audio visual pada siswa kelas VIII F SMP Negeri 2 Karangmalang tahun pelajaran 2014/2015.
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas. Subyek penelitian adalah siswa kelas VIII F SMP Negeri 2 Karangmalang Kabupaten Sragen. Pengumpulan data ini dilakukan dengan menggunakan wawancara, tes, obsevasi, dan angket. Teknik keabsahan data dengan teknik triangulasi metode. Teknis analisis dilakukan dengan cara penggumpulan data, reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan. Proses penelitian dilaksanakan tiga siklus, dalam tiap siklus meliputi empat tahap yaitu perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi.
Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Penerapan pembelajaran kooperatif STAD dalam pembelajaran IPS dapat meningkatkan minat belajar siswa kelas VIII F SMP Negeri 2 Karangmalang pada semester genap tahun pelajaran 2014/2015, (2) Penerapan pembelajaran kooperatif STAD dalam pembelajaran IPS dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas VIII F SMP Negeri 2 Karangmalang pada semester genap tahun pelajaran 2014/2015. Peningkatan minat belajar siswa dapat diketahui dari hasil angket minat belajar siswa setelah pelaksanaan tindakan, pada siklus 1 mencapai 26.5%, siklus 2 meningkat menjadi 47.1%, dan siklus III meningkat menjadi 88.2%. Sementara prestasi belajar siswa pada kondisi awal menunjukan bahwa nilai rata-rata sebasar 67.1 dengan ketuntasan klasikal 55.9%, setelah dilakukan tindakan pada siklus 1 mengalami peningkatan nilai rata-rata menjadi 70.3 dengan ketuntasan klasikal sebesar 70.6%, siklus 2 megningkat nilai rata-rata menjadi 73.4 dengan ketuntasan klasikal sebesar 76%, dan pada siklus 3 mengalami peningkatan, dengan nilai rata-rata sebesar 78.4 dengan ketuntasan klasikal sebesar 88,2%.
Kata Kunci : Model pembelajaran kooperatif STAD, video pembelajaran IPS, Minat belajar dan Prestasi belajar.