;

Abstrak


Keterikatan Antara Transformational Leadership, Meaning In Work, Leader Member Exchange (LMX). Job Performance dan Work Engagement: (Studi pada Karyawan PT.Kusuma Putra Santosa di Karanganyar)


Oleh :
Didik Joko Pitoyo - S411308010 - Sekolah Pascasarjana

ABSTRAK
Tujuan penelitian ini adalah menganalisis pengaruh meaning in work sebagai variabel pemediasi hubungan antara transformational leadership dan work engagement dan menganalisis pengaruh work engagement sebagai variabel pemediasi hubungan antara leader-member exchange dan job performance. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Sementara itu
sampel yang digunakan penelitian ini sebanyak 213 orang di PT Kusumaputra Santosa Karanganyar. Adapun teknik analisis data menggunakan regresi linier berganda dengan metode analisis path.
Hasil penelitian ini adalah a) Transformational leadership berpengaruh signifikan terhadap work engagement. b) Transformational leadership dan meaning in work berpengaruh signifikan terhadap work engagement. c) meaning in work dapat menjadi variabel mediasi dan dinyatakan sebagai variabel mediasi parsial (partial mediation). Hal ini dikarenakan, setelah memasukan variabel Meaning in Work, karena pengaruh variabel Transformational Leadership terhadap Work Engagement yang tadinya signifikan menjadi tetap signifikan setelah memasukan variabel Meaning in Work ke dalam model persamaan regersi tetapi mengalami penurunan koefesien regresi. d) LMX berpengaruh signifikan terhadap job performance. e) LMX dan work engagement berpengaruh signifikan terhadap job performance. f) Work engagement dapat menjadi variabel mediasi dan dinyatakan sebagai variabel mediasi parsial (partial mediation). Hal ini dikarenakan, pengaruh variabel variabel leader member exchange terhadap job performance yang tadinya signifikan menjadi tetap signifikan setelah memasukan variabel work engagement ke dalam model persamaan regersi tetapi mengalami penurunan koefesien regresi.
Kata Kunci : Transformational Leadership, LMX, Job Performance, Work Engagement,