Abstrak


Aspek-Aspek Lingual Pengungkap Pandangan Masyarakat Pancot dalam Ritual Bersih Desa Mandhasiya: Kajian Etnolinguistik


Oleh :
Mujiati - C0209025 - Fak. Sastra dan Seni Rupa

ABSTRAK
Permasalahan penelitian ini adalah (1) Bagaimanakah aspek-aspek lingual (kata, frasa, dan kalimat) berdasarkan konteks sosial dan budaya, dan wacana yang digunakan sebagai pengungkap pandangan masyarakat Pancot terhadap RBDM? (2) Bagaimanakah pandangan masyarakat Pancot terhadap RBDM di balik bahasa tersebut?
Tujuan penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan aspek-aspek lingual yang menjadi pengungkap pandangan masyarakat Pancot terhadap RBDM khususnya pada kata, frasa, dan kalimat berdasarkan konteks sosial dan budaya, serta wacana (2) Mendeskripsikan pandangan masyarakat Pancot terhadap RBDM di balik bahasa yang digunakan.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Data yang digunakan berupa data lisan, yaitu bentuk ujaran, ungkapan, berbagai istilah bahasa dan budaya dalam RBDM dan data tertulis, yaitu catatan dan dokumen yang menyangkut RBDM. Adapun sumber data penelitian, meliputi informan terpilih, yaitu masyarakat Pancot, baik yang terlibat langsung dalam RBDM maupun tidak, peristiwa bahasa, budaya ketika RBDM, dan kehidupan sehari-hari masyarakat. Sumber data tertulis berupa catatan penting, artikel, buku, koran, laporan penelitian, dokumen, dan arsip penting lainnya mengenai RBDM dan pelaksanaan RBDM.
Metode dan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode simak. Di dalam metode simak dikenal dua teknik yaitu teknik dasar berupa teknik sadap dan teknik lanjutan meliputi teknik simak libat cakap, teknik simak bebas libat cakap, teknik rekam, dan teknik catat. Selain itu digunakan pula metode cakap yang lebih dikenal dengan teknik wawancara. Teknik klasifikasi data dilakukan berdasarkan pengelompokkan aspek-aspel lingual, seperti kata, frasa, dan kalimat yang terkandung dalam RBDM. Di samping itu, peneliti juga mengelompokkan data yang berhubungan dengan pandangan masyarakat Pancot terhadap RBDM. Teknik analisis data adalah dengan menggunakan metode padan dan metode kontekstual, metode padan dibagi menjadi dua teknik, teknik dasar berupa teknik pilah unsur penentu dan teknik lanjutan meliputi teknik hubung banding menyamakan dan teknik hubung banding memperbedakan.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut (1) melalui aspek-aspek lingual berupa kata, frasa, dan kalimat dapat diketahui pandangan masyarakat Pancot dalam RBDM; (2) pandangan masyarakat Pancot dapat diketahui dari bahasa yang digunakan saat RBDM berlangsung.