Abstrak


Pengaruh Modal Intelektual terhadap Kinerja Penyelenggaraan Pemerintah Daerah


Oleh :
Aan Prabowo Norwinto - F1313001 - Fak. Ekonomi dan Bisnis

ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh modal intelektual terhadap kinerja penyelenggaraan Pemerintah Daerah Republik Indonesia. Modal intelektual (VAIC™) diproksikan dengan human capital, capital employed dan structural capital. Kinerja penyelenggaraan pemerintah daerah yang diperoleh berdasarkan peringkat dan status kinerja penyelenggaraan pemerintah daerah secara nasional oleh Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia.
Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah pemerintah kabupaten dan kota yang memperoleh opini wajar tanpa pengecualian dan wajar tanpa pengecualian dengan paragraf penjelas, dan memperoleh peringkat dan status kinerja penyelenggaraan pemerintah daerah secara nasional dari tahun 2010 - 2013. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah metode pengumpulan data sekunder yang berupa laporan keuangan pemerintah daerah dan kota yang diperoleh dari Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia. Penelitian ini menggunakan regresi linier untuk menganalisis data.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa human capital dan capital employed berpengaruh positif terhadap kinerja penyelenggaraan pemerintah daerah. Sedangkan structural capital berpengaruh negatif terhadap kinerja penyelenggaraan pemerintah daerah.
Kata Kunci: modal intelektual (VAIC™), kinerja penyelenggaraan pemerintah daerah
ABSTRACT
This purpose research is for to understand the effect of intellectual capital on the local goverments performance Republic of Indonesia. Intellectual Capital (VAIC ™) is proxied by human capital, capital employed, and structural capital. The local governments performance is obtained from the rank and status nationally by Ministry of Home Affairs Republic of Indonesia.
The sample used in this study ware regency government and city government that received an unqualified opinion and unqualified with explanatory paragraphs, and received rank and status the local governments performance from 2010 - 2013. The method used in data collection is the secondary of data collection, financial report its being obtained from Indonesian Supreme Audit Institution. The method analysis of this study used linear regression.
The results from research is indicate that the human capital and the capital employed positive effect on the local goverments performance. The structural capital negative effect on the local goverments performance.
Keywords: intellectual capital (VAIC ™), the local government performance