Abstrak


Segmentasi untuk Optimalisasi Pemberian Kredit PT. Bank BTPN Kantor Cabang Pembantu Karanganyar


Oleh :
Raras Bhekti Hanggono Jati - F3611080 - Fak. Ekonomi dan Bisnis

ABSTRAK
Segmentation of credit by the company aimed at obtaining the most optimal results in lending activity. Credit course conducted must meet the terms and conditions that apply.
The purpose of this study was to determine the process, advantages and disadvantages, the calculation of credits given PT. Bank BTPN Branch Office Karanganyar customer evaluation pensions and know PT. Bank BTPN Branch Office Karanganyar to be able to provide optimal pension credit.
The process for obtaining a credit facility to retire at. Bank BTPN Branch Office Karanganyar simple, by having SKEP pension eligible and passbook Bank, the borrower will be assisted to obtain loans.
Advantages and disadvantages of credit offered PT. Bank BTPN Branch Office Karanganyar with another bank is located on the terms that are used as collateral, namely SKEP Retirement. Ease collateral that only includes SKEP pension is also has the disadvantage of limited loan borrower that can be taken to be the hallmarks of PT. Bank BTPN Branch Office Karanganyar to be able to provide optimal pension credit is to give more opportunities to the borrower. This opportunity is obtained from the use of collateral that is more varied for example, certificates of land, houses, etc. So credit adjusted value at the time the certificate is used as collateral.
Word keys : Credit, Pension, Banking
ABSTRAK
Segmentasi pemberian kredit yang dilakukan perusahaan bertujuan untuk memperoleh hasil yang paling optimal dalam aktifitas perkreditan. Tentunya perkreditan yang dilakukan harus memenuhi syarat dan ketentuan yang berlaku.
Tujuan penelitian ini adalah mengetahui proses, keunggulan dan kelemahan ,perhitungan kredit yang diberikan PT. Bank BTPN Kantor Cabang Pembantu Karanganyar kepada nasabah pensiun dan mengetahui evaluasi PT. Bank BTPN Kantor Cabang Pembantu Karanganyar untuk dapat memberikan kredit pensiun secara optimal.
Proses untuk memperoleh fasilitas kredit pensiun pada PT. Bank BTPN Kantor Cabang Pembantu Karanganyar sederhana, dengan memiliki SKEP Pensiun yang memenuhi syarat dan buku tabungan BTPN, peminjam akan dibantu untuk memperoleh pinjaman.
Keunggulan dan kelemahan kredit yang ditawarkan PT. Bank BTPN Kantor Cabang Pembantu Karanganyar dengan bank lain adalah terletak pada persyaratan yang digunakan sebagai agunan yaitu SKEP Pensiun. Kemudahan angunan yang hanya menyertakan SKEP Pensiun ini juga memiliki kelemahan yaitu terbatasnya pinjaman yang dapat diambil peminjam, untuk menjadi keunggulan dari PT. Bank BTPN Kantor Cabang Pembantu Karanganyar untuk dapat memberikan kredit pensiun secara optimal adalah dengan memberikan peluang lebih kepada peminjam. Peluang ini didapatkan dari pengunaan agunan yang lebih berfariasi misal, sertifikat tanah, rumah, dll. Jadi pemberian kredit disesuaikan dengan nilai sertifikat pada saat ini digunakan sebagai agunan.
Kata kunci: Kredit, Pensiun,Perbankan