Abstrak


Perbedaan Hasil Belajar Afektif Antara Siswa yang Aktif dan Tidak Aktif dalam Organisasi Siswa Intra Sekolah Ditinjau dari Aspek Nilai-Nilai Kebangsaan pada Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (Studi pada Siswa Kelas VIII SMP N 1 Kebakkramat Tahun Ajaran 2015/2016)


Oleh :
Ivan Budhi Kurniawan - K6411034 - Fak. KIP

ABSTRAK
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan yang signifikan antara hasil belajar afektif siswa antara siswa yang aktif dan tidak aktif dalam organisasi siswa intra sekolah ditinjau aspek nilai-nilai kebangsaan. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif kuantitatif komparatif. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP N 1 Kebakkramat sebanyak 180 siswa. Sampel diambil dengan menggunakan teknik Sampling Jenuh dan diperoleh sampel
sebanyak 60 siswa yang aktif dalam OSIS dan 120 siswa yang tidak aktif dalam OSIS. Teknik pengumpulan data untuk variable hasil belajar menggunakan angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis komparatif ujit dengan pooled varian. Berdasarkan penelitian dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan yang signifikan antara hasil belajar afektif antara siswa yang aktif dan tidak aktif dalam organisasi siswa intra sekolah ditinjau dari aspek nilai-nilai kebangsaan yang dapat dibuktikan dengan analisa yaitu diperoleh F hitung sebesar 6,1 dan dengan taraf kesalahan 1% diperoleh F tabel sebesar 2,58. Karena F hitung > F tabel yaitu 6,1 > 2,58 maka Ho ditolak dan Ha diterima sehingga ada perbedaan yang signifikan hasil belajar afektif antara siswa yang aktif dan tidak aktif dalam organisasi siswa intra sekolah ditinjau dari aspek nilai-nilai kebangsaan.
Kata kunci : hasil belajar siswa