Abstrak


Pengaruh Sistem Pengendalian Intern Berbasis Key Performance Indicator terhadap Kualitas Audit (Studi Empiris Pada KAP Di Surakarta dan Yogyakarta)


Oleh :
Zaga Raditya Kusumaprabu - F0311124 - Fak. Ekonomi dan Bisnis

ABSTRAKSI
Tujuan penelitian ini adalah untuk memberikan bukti empiris tentang pengaruh Key Performance Indicator terhadap kualitas audit yang dilakukan oleh auditor di Kantor Akuntan Publik Surakarta dan Yogyakarta.
Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah auditor di Surakarta dan Yogyakarta yang bekerjadi kantor akuntan publik Surakarta dan Yogyakarta. Metode analisis yang digunakan adalah metode kuantitatif, dengan teknik pengujian analisis regresi sederhana. KPI merupakan variabel independen dalam penelitian ini, sedangkan  kualitas audit sebagai variabel dependen.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa KPI berpengaruh signifikan terhadap kualitas audit. Implikasi dari temuan penelitian ini bahwa desain pengembangan KPI yang sesuai dengan kebutuhan organisasi dapat mempengaruhi sikap para auditor untuk bekerja profesional sesuai standar auditing, selanjutnya dapat memotivasi para auditor untuk meningkatkan kualitas hasil pemeriksaan.
Kata Kunci: KPI, Kualitas Audit,  Audit, Kinerja Auditor, 2015.
ABSTRACT
The purpose of this study is to provide empirical evidence about the influence of Key Performance Indicators on the quality of audits conducted by auditors in the public accounting firm in Surakarta and Yogyakarta.
The sample used in this study is the auditors in Surakarta and Yogyakarta who work in public accounting firms in Surakarta and Yogyakarta. The analytical method used is quantitative method, with simple regression analysis testing techniques. KPI is an independent variable in this study, while audit quality as a variable dependent.
The result of this study proves that KPI has significant effect on audit quality. The implications of the finding of this study is that the design development of KPIs correspond to the needs of an organization that affect the attitude of the auditors for professional work in accordance with auditing standards, the auditor can then be motivated to improve the quality of examination results.
Keywords:KPI, Audit Quality, Audit, AuditorPerformance, 2015.