Abstrak


Anteseden dan Hasil Pengembangan Karir (Studi pada Karyawan Hotel Lor In Surakarta )


Oleh :
Langgeng Sri Sadono - F1213040 - Fak. Ekonomi dan Bisnis

ABSTRAK
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskananteseden dan hasil pengembangan karir yang terdiri dari variabel perencanaan karir, manajemen karir, pengembangan karir, komitmen organisasi, kreativitas kerja, dan niat untuk keluar.Populasi dalam  penelitian ini adalah karyawan Hotel Lor In Surakarta, adapun metode yang digunakan dalam pengambilan sampel ini menggunakan convenience sampling metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear.
Hasil pengujian hipotesis, menunjukan bahwa variabel perencanaan karir dan manajemen karir berpengaruh positif pada pengembangan karir dan pengembangan karir berpengaruh positif pada komitmen organisasi dan kreativitas kerja.Pengembangan karir berpengaruh negatif pada niat untuk keluar karyawan.Hasil penelitian ini mendukung penelitian Raed Ababneh (2013).
Dari hasil penelitian sebaiknya Hotel Lor In Surakarta  hendaknya memberikan peluang karir dan latihan dengan kaitannya pengembangan karir ,serta membuka kesempatan terhadap tingkatan karir dengan demikian diharapkan dapat mampu menciptakan komitmen organisasi dan krativitas kerja karyawan dan menekan akan niat untuk keluar karywan lebih kecil.
Kata Kunci :perencanaan karir,manajemen karir,pengembangan karir,komitmen organisasi, kreativitas kerja, niat untuk keluar
ABSTRACT
The objective of research was to explain antecedent and result of career development consisting of carrier planning, career management, career development, organizational commitment, work creativity, and turnover intention variables.The population of research was the employees of Surakarta Lor In Hotel; the method employed in this sample was convenience  sampling one, while data analysis used was a linear regression
The result of hypothesis testing showed that career planning and career management affected positively the career development and career development affected positively the organizational creativity and work creativity. Career development affected negatively the turnover intention. This result supported Raed Ababneh’s (2013) research.
From the result of research, the Lor In Hotel of Surakarta was recommended to provide career opportunity and training related to career development and to open career level opportunity, thereby creating organizational commitment and work creativity of employees and suppressing the employees’ turnover intention.
Keywords: career planning, career management, career development, organizational commitment, work creativity, turnover intention