Abstrak


Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Senam Lantai Guling depan Menggunakan Alat Bantu Pembelajaran pada Siswa Kelas X3 Sma Negeri 1 Gondangrejo Karanganyar Tahun Pelajaran 2013/2014


Oleh :
Maruto Erry Wijayanto - K5608115 - Fak. KIP

ABSTRAK
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar guling depan pada siswa kelas X3 SMA Negeri 1 Gondangrejo Karanganyar tahun pelajaran 2013/2014 menggunakan alat bantu pembelajaran bidang miring.
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, dengan tiap siklus terdiri dari: perencanaan, pelaksanaan tikdankan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas X3 SMA Negeri 1 Gondangrejo Karanganyar tahun pelajaran 2013/2014 yang berjumlah 29 siswa. Sumber data berasal dari guru dan siswa. Teknik pengumpulan data melalui tes kemampuan guling depan dan observasi dari proses kegiatan pembelajaran. Validitas data menggunakan teknik triangulasi. Analisis data yang digunakan dalan penelitian ini adalah secara deskriptif komparatif yaitu membandingkan data kuantitatif dari kondisi studi awal, siklus I dan siklus II dengan prosentase.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, melalui pemanfaatan alat bantu bidang miring dapat meningkatkan hasil belajar guling depan pada siswa kelas X3 SMA Negeri 1 Gondangrejo Karanganyar tahun pelajaran 2013/2014. Kondisi awal sebelum dilakukan PTK, siswa yang tuntas 16 siswa atau 55,17%. Pada siklus 1 peningkatan hasil belajar guling depan menjadi 20 siswa atau 68.96%. Dan pada siklus 2 meningkat menjadi 25 siswa atau 86,21% tuntas. Pemanfaatan alat bantu bidang miring memberi kontribusi yang signifikan terhadap peningkatan hasil belajar guling depan dan memberi kemudahan untuk melakukan gerakan guling depan.
Simpulan penelitian ini adalah melalui penerapan alat bantu bidang miring dapat meningkatkan hasil belajar guling depan pada siswa kelas X3 SMA Negeri 1 Gondangrejo tahun pelajaran 2013/2014.
Kata kunci: Senam lantai, guling depan, alat bantu pembelajaran