Abstrak


Hubungan Praktik Manajemen Sumber Daya Manusia Dan Keinginan Untuk Keluar Dengan Pemediasi Job Embeddedness (Studi Pada Karyawan PT TOYOTA NASMOCO SOLO)


Oleh :
Ni Putu Kharisma Ayu - F1213046 - Fak. Ekonomi dan Bisnis

ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk menguji, menganalisis, dan mengetahui hubungan praktik sumber daya manusia pada keinginan untuk keluar, dengan job embeddedness sebagai pemediasi, objek penelitian karyawan PT Toyota Nasmoco Solo.
Data diambil dengan menggunakan teknik sensus. Sampel dalam penelitian ini adalah karyawan PT Toyota Nasmoco Solo sebanyak 160 responden. Pengujian hipotesis menggunakan analisis regresi linear berganda dengan alat analisis SPSS 17 for windows.
Hasil penelitian menunjukan, dukungan supervisor, kesempatan berkembang,dan pelatihan tidak berhubungan negatif pada keinginan untuk keluar dan tidak dimediasi oleh job embeddedness. Untuk variabel kompensasi berhubungan negatif pada keinginan untuk keluar yang dimediasi oleh job embeddedness.
Kata kunci: praktik manajemen sumber daya manusia, job embeddedness, keinginan untuk keluar.
ABSTRACT
This study aims to examine, analyze, and known relationship between human resource practices and intention to quit with job embeddedness as mediator, with the object of research of PT ToyotaNasmoco Solo.
Base on purpose to be achived,the data collection by using the census techniques. The sample in this study were employees of PT Toyota Nasmoco Solo 160 respondents. To testing the hypotheses using regression method with SPSS 17 for windows as a tool.
The results showed, supervisorrelationships, growth opportunities, andtrainingnot relatednegatively onthe desire toget outandnotmediated byjobembeddedness.Variablecompensation has significant negative effect to intention to quit with job embeddedness as mediator.
Keywords: human resource management, job embeddedness, intention to quit