Abstrak


Implementasi pembebanan jaminan kepada mudharib dalam pembiayaan mudharabah (studi di bank muamalat cabang Surakarta)


Oleh :
Achmad Shafiyyul Fuad - E0011004 - Fak. Hukum

Penelitian ini mendeskripsikan dan mengkaji permasalahan, pertama bagaimana implementasi pembebanan jaminan kepada mudharib dalam pembiayaan mudharabah di Bank Muamalat cabang Surakarta. Kedua bagaimana proses eksekusi kepada mudharib wanprestasi, hambatan serta solusinya.
Penelitian ini bersifat empiris yang menggunakan data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh dengan melakukan wawancara kepada narasumber. Data sekunder diperoleh melalui studi kepustakaan yang berhubungan dengan permasalahan yang tersebut. Teknik analisis data menggunakan analisis data kualitatif dengan metode interaktif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Bank Muamalat cabang Surakarta menerapkan jaminan dalam pembiayaan mudharabah dengan tujuan melindungi dana dan perilaku mudharib agar tidak melenceng dari akad. Selain itu Bank Muamalat cabang Surakarta menerapkan jaminan berdasarkan prinsip hukum perdata yang tetap berlandaskan prinsip-prinsip syariah. Eksekusi merupakan langkah terakhir yang dilakukan oleh Bank Muamalat cabang Surakarta untuk menyelamatkan dana, Bank Muamalat cabang Surakarta lebih memilih menggunakan eksekusi melalui KPKNL (Kantor Pembendaharaan Kekayaan Negara dan Lelang) dengan alasan efisiensi. Hambatan yang terjadi adalah perlawanan dari pihak mudharib maupun pihak ketiga. Solusi untuk mengatasi hambatan tersebut adalah mengedepankan penyelesaian secara musyawarah dengan tujuan meminimalisir tindakan eksekusi.
Kata Kunci: Pembebanan Jaminan, Mudharabah, eksekusi jaminan