Abstrak


Analisis Pengaruh Karakteristik Perusahaan terhadap Pengungkapan Lingkungan pada Perusahaan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia


Oleh :
Firman Andre Setya Putranto - F1313036 - Fak. Ekonomi dan Bisnis

ABSTRAK
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh antara karakteristik perusahaan yang pengamat telah pilih antara lain, ukuran dewan komisaris, ukuran perusahaan yang diproksikan dengan jumlah tenaga kerja,  leverage  yang dihitung dengan membagi total hutang dengan total modal sendiri, umur perusahaan yang dilihat dari sejak kapan perusahaan tersebut didirikan dan dihitung dengan  cara mengurangi tahun yang sedang berjalan dengan tahun berdirinya perusahaan, serta profitabilitas  yang diproksikan dengan Return On Asset (ROA) terhadap pengungkapan lingkungan.
Penelitian ini menggunakan data sekunder yang diperoleh dari perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2013 yang mengeluarkan laporan tahunan dan dari laporan keberlanjutan.  Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 33 perusahaan . Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi berganda.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel independen ukuran dewan komisaris dan profitabilitas berpengaruh positif signifikan terhadap pengungkapan lingkungan,  kemudian ukuran perusahaan dan umur perusahaan tidak berpengaruh terhadap pengungkapan lingkungan, dan leverage berpengaruh negatif signifikan terhadap pengungkapan lingkungan.
Kata Kunci : Ukuran dewan komisaris, ukuran perusahaan, leverage, umur perusahaan, profitabilitas.
ABSTRACT
The aim of this study is to determine the effect of the characteristics of companies that observers have select among others, board size, the size of the company which is proxied by the amount of labor, leverage is calculated by dividing total debt by total equity, firm age as seen from since when the company was founded and is calculated by subtracting the current year with the founding of the company, as well as the profitability is proxied by Return on Assets (ROA) for environmental disclosure.
This study uses secondary data obtained from the companies listed in the Indonesia Stock Exchange in 2013 which released its annual report and sustainability report. The sample used in this study as many as 33 companies. The analysis technique used in this study is multiple regression.
The results show  that the independent variable board size and profitability of significant positive effect on environmental disclosure, then the size of the company and the age of the company no effect on environmental disclosure, and leverage significant negative effect on environmental disclosure.
Keywords : Size commissioners, firm size, leverage, firm age, profitability.