Abstrak


Hubungan pajanan radiasi gelombang elektromagnetik telepon seluler atau laptop dengan kualitas tidur mahasiswa kedokteran


Oleh :
Silvia Khasnah Widhiastuti - G.0012212 - Fak. Kedokteran

Latar belakang. Telepon seluler dan laptop mengemisikan medan elektromagnetik saat dioperasikan. Medan elektromagnetik tersebut dicurigai mampu memengaruhi kualitas tidur. Kualitas tidur buruk dapat menurunkan konsentrasi, gangguan interaksi sosial, dan memburuknya kesehatan, yang mengganggu prestasi akademik maupun nonakademik mahasiswa kedokteran. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan antara pajanan radiasi gelombang elektromagnetik telepon seluler atau laptop dengan kualitas tidur mahasiswa kedokteran.
Metode. Penelitian ini merupakan penelitian observasional analitik dengan pendekatan potong lintang yang dilakukan di Fakultas Kedokteran, Universitas Sebelas Maret pada bulan Desember 2015. Sebanyak 150 mahasiswa dipilih dengan menggunakan teknik purposive sampling. Data pajanan elektromagnetik telepon seluler dan laptop didapat melalui kuesioner Penggunaan Telepon Seluler atau Laptop. Pajanan radiasi gelombang elektromagnetik diukur berdasarkan lama penggunaan telepon seluler atau laptop di atas pangkuan dalam satu hari. Data kualitas tidur didapatkan melalui kuesioner PSQI. Data tersebut kemudian dianalisis secara statistik menggunakan uji Spearman dengan SPSS untuk Windows edisi 20.
Hasil. Penelitian ini melibatkan 41 mahasiswa laki-laki dan 109 mahasiswa perempuan. Sebanyak 139 subjek (92,7%) menggunakan telepon seluler dalam tingkatan tinggi, sedangkan 73 subjek menggunakan laptop dengan meletakkannya di atas pangkuan. Dari 73 subjek tersebut, 52 subjek (71,2%) menggunakan laptop dalam tingkatan rendah. Uji analisis Spearman mengindikasikan bahwa tidak terdapat hubungan yang signifikan antara pajanan elektromagnetik telepon seluler dengan kualitas tidur (p=0,198; r=0,106), sebagaimana pajanan elektromagnetik laptop dengan kualitas tidur (p=0,133; r=-0,178) mahasiswa kedokteran.
Kesimpulan. Tidak terdapat hubungan yang signifikan antara pajanan elektromagnetik telepon seluler atau laptop dengan kualitas tidur mahasiswa kedokteran.
Kata Kunci: pajanan elektromagnetik, telepon seluler, laptop, kualitas tidur