Abstrak


Penggunaan media audio visual untuk meningkatkan hasil belajar meroda dalam senam lantai pada siswa kelas viiia smp it assaidiyyah al quds kirig mejobo kudus tahun ajaran 2012/2013


Oleh :
Mahrus Maulana - K4608123 - Fak. KIP

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar meroda dalam senam lantai siswa kelas VIIIA SMP IT Assaidiyyah AL Quds Kirig Mejobo Kudus Tahun Ajaran 2012/2013.
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK).Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, dengan tiap siklus terdiri atas perncanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas VIII A SMP IT Assaidiyyah yang berjumlah 29 Siswa. Sumber data berasal dari guru, siswa dan peneliti. Teknik pengumpulan data adalah dengan observasi dan dokumentasi. Validitas data menggunakan teknik triangulasi data. Analisis data menggunakan teknik deskriptif yang didasarkan pada analisis kualitatif dengan prosentase.
Hasil analisis data sebagai berikut penggunaan media audio visual dapat meningatkan hasil belajar meroda dari prasiklus ke siklus I dan dari siklus II. Dari hasil analisis yang diperoleh peningkatan hasil belajar meroda pada siklus I dari 29 siswa, terdapat 14 siswa sudah tuntas dan pada Siklus II terdapat peningkatan yaitu sebanyak 25 siswa sudah tuntas sedangkan 4 siswa lainnya belum tuntas dengan KKM 75
Simpulan penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan media audio visual dapat meningkatkan hasil belajar meroda pada siswa kelas VIII A SMP IT Assaidiyyah tahun ajaran 2012/2013.
Kata Kunci : Hasil Belajar, Senam Lantai Meroda, Penggunaan Media Audio Visual.