Abstrak


Pemakaian bahasa dalam jual beli handphone dan aksesoris handphone di Surakarta: Suatu Pendekatan Sosiolinguistik


Oleh :
Ponco Sulistiyono - C0209029 - Fak. Ilmu Budaya

Permasalahan penelitian ini adalah (1) Bagaimanakah karakteristik bahasa yang digunakan dalam jual beli handphone dan aksesoris handphone di Surakarta? (2) Bagaimanakah fungsi kebahasaan yang ada di dalam tuturan jual beli handphone dan aksesoris handphone di Surakarta? (3) Bagaimanakah kosakata penentu register yang digunakan dalam jual beli handphone dan aksesoris handphone di Surakarta?
Tujuan penelitian ini adalah (1) Menjelaskan dan mendeskripsikan karakteristik bahasa yang digunakan dalam jual beli handphone dan aksesoris handphone di Surakarta (2) Menjelaskan dan mendeskripsikan fungsi kebahasaan yang ada di dalam tuturan jual beli handphone dan aksesoris handphone di Surakarta (3) Menjelaskan dan mendeskripsikan kosakata penentu register yang digunakan dalam jual beli handphone dan aksesoris handphone di Surakarta.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif. Sumber data yang digunakan adalah penggunaan bahasa dalam jual beli handphone dan aksesoris handphone di Surakarta baik berupa lisan maupun tertulis.
Metode pengumpulan data menggunakan metode simak dan teknik simak libat cakap. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalah teknik rekam, teknik catat, teknik pustaka, dan teknik wawancara. Metode analisis data menggunakan metode padan dan teknik analisis data terdiri dari tiga tahap, yaitu analisis ciri linguistik, analisis situasional, dan analisis fungsional dan konvensional.
Berdasarkan hasil penelitian terhadap pemakaian bahasa dalam jual beli handphone dan aksesoris handphone di Surakarta dapat disimpulkan sebagai berikut: (1) Karakteristik pemakaian bahasa dalam pemakaian bahasa jual beli handphone dan aksesoris handphone di Surakarta ditemukan beberapa ciri khusus yang digunakan dalam berbagai macam kegiatan. Di antaranya terdapat pemakaian istilah asing yakni bahasa Inggris, pemanfaatan bentuk singkatan, terdapat akronim, hibrida antara afiks bahasa Indonesia dengan kata dasar bahasa asing, terdapat peristiwa pemendekan atau kontraksi, pemakaian kata sapaan, serta terdapat peristiwa campur kode yang berwujud kata, frasa, dan klausa. Dalam analisis karakteristik pemakaian bahasa jual beli handphone dan aksesoris handphone di Surakarta terdapat pula peristiwa alih kode yang bersifat intern.
(2) Fungsi bahasa terdapat beberapa hal yaitu fungsi bahasa yang digunakan dalam peristiwa jual beli handphone yang meliputi fungsi emotif puas antara pembeli dengan penjual handphone, fungsi emotif kecewa antara penjual dengan pembeli handphone. Ditemukan juga fungsi konatif menasihati antara penjual handphone dengan pembeli, fungsi konatif menasihati antarpenjual handphone, fungsi konatif menyarankan antara penjual handphone dengan pembeli, fungsi konatif meyakinkan antara penjual handphone dengan pembeli, dan fungsi konatif menawarkan antara penjual handphone dengan pembeli. Selain itu terdapat pula fungsi referensial yang meliputi fungsi referensial memberi gambaran bentuk tentang handphone. Dalam peristiwa penjualan aksesoris handphone terdapat fungsi konatif meminta antara penjual dengan pembeli, fungsi konatif menyuruh antara pembeli dengan penjual, serta fungsi konatif menyarankan antara penjual dengan pembeli. Pada peristiwa servis handphone terdapat fungsi konatif yang meliputi fungsi konatif menyarankan antara tukang servis dengan pelanggan, fungsi konatif menyarankan antartukang servis handphone, fungsi konatif menawarkan antara tukang servis dengan pelanggan, dan fungsi konatif meyakinkan antara tukang servis dengan pelanggan.
(3) Kosakata penentu register yang memaparkan bentuk pemakaian istilah jual beli handphone dan aksesoris handphone di Surakarta yang meliputi, peristiwa jual beli handphone, jenis handphone, nama handphone, garansi handphone, aksesoris handphone, dan servis handphone.