Abstrak


Hubungan persepsi kualitas pelayanan kesehatan dengan tingkat kepercayaan pada layanan rawat jalan puskesmas sibela kota Surakarta


Oleh :
Galuh Rindra Kirana - G0012081 - Fak. Kedokteran

Latar Belakang: Berdasarkan sistem rujukan berjenjang dalam JKN, pelayanan kesehatan pasien harus dimulai di fasilitas kesehatan primer, salah satunya adalah di Puskesmas. Kepercayaan terhadap pelayanan kesehatan di puskesmas merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi pasien bersedia untuk berobat di Puskesmas. Kepercayaan pasien dipengaruhi oleh persepsi pasien terhadap kualitas pelayanan kesehatan di Puskesmas. Selain itu kepercayaan juga dipengaruhi oleh tingkat pendidikan dan pendapatan. Puskesmas Sibela Kota Surakarta merupakan Puskesmas dengan wilayah kerja terluas di Kota Surakarta. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan antara persepsi kualitas pelayanan kesehatan dengan tingkat kepercayaan pasien pada pelayanan rawat jalan Puskesmas Sibela Kota Surakarta.
Metode Penelitian: Penelitian ini merupakan penelitian analitik observasional, dengan rancangan cross-sectional (potong-lintang). Responden yang dipilih sebanyak 50 orang dengan simple random sampling. Responden merupakan pasien atau pengantar pasien rawat jalan Puskesmas Sibela Kota Surakarta yang memenuhi kriteria inklusi. Pengambilan data menggunakan kuesioner. Data hasil penelitian akan dianalisis menggunakan uji regresi linear berganda dan diolah dengan Statistical Product and Service Solution (SPSS) 21.00 for Windows.
Hasil Penelitian: Berdasarkan hasil analisis regresi linier berganda didapatkan hubungan yang secara statistik signifikan antara kualitas pelayanan kesehatan dengan tingkat kepercayaan pasien rawat jalan (b = 0,41, CI 95% = 0,29 - 0,54, p < 0,001), terdapat hubungan yang secara statistik tidak signifikan antara tingkat pendidikan dengan kepercayaan pasien (b = -0,34, CI 95% = -0,87 – 1,12, p = 0,661), dan terdapat hubungan yang secara statistik tidak signifikan antara pendapatan dengan kepercayaan pasien (b = 0,82, CI 95% = -0,49 – 2,13, p = 0,214).
Simpulan Penelitian: Penelitian ini menunjukkan bahwa Persepsi kualitas pelayanan kesehatan mempunyai hubungan yang bermakna dengan tingkat kepercayaan pasien rawat jalan Puskesmas Sibela Kota Surakarta. Sedangkan baik tingkat pendidikan dan pendapatan memiliki hubungan yang tidak bermakna dengan tingkat kepercayaan pasien.
Kata Kunci: Persepsi Kualitas Pelayanan Kesehatan, Tingkat Kepercayaan