Abstrak


Pemaknaan Puisi Imam Asy-Syafi’i Ber-Qafiyah Ra’ (Analisis Semiotika Michael Riffaterre)


Oleh :
Ahmad Latif Ridlo - C1011003 - Fak. Sastra dan Seni Rupa

ABSTRAK
Penelitian ini membahas struktur puisi yang digunakan dalam puisi Imam asy-Syafi’i ber-qa>fiyah ra’ dan pemaknaan puisi yang terkandung dalam puisi Imam asy-Syafi’i ber-qa>fiyah ra’. Objek formal penelitian ini adalah pemaknaan puisi menggunakan teori semiotika Michael Riffaterre dan objek materialnya berupa lima puisi Imam asy-Syafi’i ber-qa>fiyah ra’.
Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, yang meneliti data-data literer yang selanjutnya diungkapkan dalam bentuk kata-kata dan bahasa. Penelitian ini menganalisis struktur puisi, wacana puitik dan makna yang ditopang dengan adanya pembacaan heuristik dan hermeneutik.  
Berdasarkan hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan, bahwa dalam puisi Imam asy-Syafi’i ber-qa>fiyah ra’ terdapat struktur puisi berupa diksi, gaya bahasa, pencitraan, ritme, rima, pengulangan bunyi, nada bicara, hubungan bunyi dan makna untuk menjelaskan maksud penyair. Dalam puisi ini juga terdapat ketidaklangsungan ekspresi berupa penggantian arti, penyimpangan arti dan penciptaan arti ditopang dengan adanya pembacaan heuristik dan hermeneutik.
Kata kunci: Struktur Puisi, Semiotika Michael Riffaterre, Imam asy-Syafi’i, Qa>fiyah Ra’.
ABSTRACT
This thesis also discusses the structures of the poems Imam asy-Syafi’i qa>fiyah ra’ and the meaning of the poems Imam asy-Syafi’i qa>fiyah ra’. Object formal this thesis semantic of poems Imam asy-Syafi’i’s qa>fiyah ra’ analysis michael riffaterre's semiotica theory, object material  this thesis fives poems Imam asy-Syafi’i qa>fiyah ra’.
This thesis is a descriptive qualitative research which analyzes the data that are in the form of words and languages. This thesis required some steps to analyze the poems, discourse analysis of the poetry, discourse poem and meaning    can be done based on heuristic and hermeneutic.
The conclusion of this research in this poetry Imam asy-Syafi’i qa>fiyah ra’ selected contains the structure of literary work such as diction, style, rythm, rime, repetition, symbolism, tone, relations of sound and meaning to explain the purpose poet. In this poetry, there is contains indirect expressions that is changing meaning, deviation meaning, creating meaning and be done based on heuristic and hermeneutic.
Keywords: Structur of  poems, Semiotica Michael Riffaterre's, Imam asy-Syafi'i Qa>fiyah Ra’.