Abstrak


Pengaruh Perilaku Perfeksionisme, Self-Efficacy pada Perilaku Kewargaan Organisasional (Organisational Citizenship Behaviour)dengan Peranan Jender sebagai Pemoderasi (Studi pada Karyawan PT. Pamor Spinning Mills di Karanganyar)


Oleh :
Danu Apri Listyawan - F0211028 - Fak. Ekonomi dan Bisnis

ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh perfeksionisme, self-efficacy pada OCB, dan jender sebagaiĀ  variabel pemoderasi dengan objek penelitian padaPT. Pamor Spinning Mills di Karanganyar. Penelitian ini bermanfaat memberikan masukan untuk PT. Pamor Spinning Mills pada OCB karyawan.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh karyawanPT. Pamor Spinning Mills. Pengambilan sampel menggunakan metode convinience sampling dan pengujian hipotesis menggunakan hierarchical regression dengan software SPSS 17.0 for Windows.DenganĀ  sampel penelitiankaryawan yang berada pada setiap divisi yang berbeda, dengan sampel penelitian berjumlah 201 responden.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perfeksionisme adaptif,perfeksionisme maladaptif, self-efficacy berpengaruh pada OCB. Tidak adanya perbedaan level OCB antara karyawan perempuan dan karyawan laki-laki. Jender berpengaruh dalam hubungan perfeksionisme maladaptif dengan OCB tetapi tidak berpengaruh dalam hubungan perfeksionisme adaptif dan self-efficacydengan OCB.
Kata kunci: Perfeksionisme Adaptif, Perfeksionisme Maladaptif, Self-Efficacy, OCB, Peranan Jender.
ABSTRACT
This study aims to look at the effects of perfectionism, self-efficacy on OCB, and gender as a moderating variable with the object of research at PT. Pamor Spinning Mills in Karanganyar. This research is helpful to provide input for PT. Pamor Spinning Mills at OCB employee.
The population in this study were all employees of PT. Pamor Spinning Mills. The Sampling method is convinience sampling and testing hypotheses using hierarchical regression with SPSS 17.0 for Windows software. With a sample of employees who are different in each division, with the sample amounted to 201 respondents.
The results of this study indicate that adaptive perfectionism, maladaptive perfectionism, self-efficacy influence on OCB. The absence of OCB level differences between female employees and male employees. Gender influential in maladaptive perfectionism relationship with OCB but no effect in relation adaptive perfectionism and self-efficacy with OCB.
Keywords:AdaptivePerfectionism, MaladaptivePerfectionism, Self-Efficacy, OCB, GenderRole.