Abstrak


Faktor faktor yang mempengaruhi loyalitas merek (Studi Pada Pelanggan Natasha Skin Care di Surakarta)


Oleh :
Dewi Clementine Kusherawati - F0212032 - Fak. Ekonomi dan Bisnis

Penelitian ini termasuk kedalam penelitian pengujian hipotesis guna menguji: 1) pengaruh pengalaman merek pada persepsi nilai, 2) pengaruh pengalaman merek pada persepsi kualitas, 3) pengaruh pengalaman merek pada loyalitas merek, 4) pengaruh persepsi nilai pada kepuasan, 5) pengaruh persepsi nilai pada kepercayaan merek, 6) pengaruh persepsi kualitas pada kepuasan, 7) pengaruh persepsi kualitas pada kepercayaan merek, 8) pengaruh kepuasan pada kepercayaan merek, 9) pengaruh kepuasan pada loyalitas merek, 10) pengaruh kepercayaan merek pada loyalitas merek. Penelitian ini dilakukan pada pelanggan Natasha Skin Care di Surakarta. Metode pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan teknik non probability sampling dengan metode convenience sampling. Penelitian ini mengambil jumlah responden sebanyak 200 orang dengan menggunakan teknik Maximum Likehood Estimation.
Uji validitas dan reliabilitas dilaksanakan untuk memastikan kualitas data. Structural equation model adalah metode statistik yang dipilih untuk menguraikan hubungan diantara variabel yang tidak diamati. Hasil dari penelitian dapat disimpulkan bahwa 1) pengalaman merek berpengaruh positif pada persepsi nilai, 2) pengalaman merek berpengaruh positif pada persepsi kualitas, 3) pengalaman merek berpengaruh positif pada loyalitas merek, 4) persepsi nilai berpengaruh positif pada kepuasan, 5) persepsi nilai berpengaruh positif pada kepercayaan merek, 6) persepsi kualitas berpengaruh positif pada kepuasan, 7) persepsi kualitas tidak berpengaruh pada kepercayaan merek, 8) kepuasan berpengaruh positif pada kepercayaan merek, 9) kepuasan berpengaruh positif pada loyalitas merek, 10) kepercayaan merek berpengaruh positif pada loyalitas merek.
Studi ini memiliki beberapa keterbatasan yang meliputi jumlah sampel, obyek amatan yang terfokus pada Natasha Skin Care dan wilayah amatan disekitar kota Surakarta. Sehingga dalam penelitian selanjutnya diharapkan melengkapi keterbatasan pada penelitian ini.
Kata kunci: Pengalaman Merek, Persepsi Nilai, Persepsi Kualitas, Kepuasan, Kepercayaan Merek, dan Loyalitas Merek.