Abstrak


Studi Komparatif Kontrak Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah Secara Online (E-Procurement) di Indonesia dan Australia


Oleh :
Bina Hutagalung - E0012086 - Fak. Hukum

ABSTRAK
Penelitian hukum ini bertujuan untuk mengetahui konsep pelaksanaan sistem E-Procurement dalam kontrak pengadaan barang dan jasa pemerintah serta mengetahui kelebihan dankekurangan penerapan sistem ini dalam pengadaan barang dan jasa pemerintah di Indonesia dan Australia.
Penelitian ini merupakan penelitian hukum yang bersifat preskriptif.Penulisan hukum ini menggunakan pendekatan konseptual dan pendekatan komparatif.Bahan hukum yang digunakan dalam penulisan hukum ini adalah bahan hukum primer dan bahan hukum sekunder.Teknik pengumpulan bahan hukum yang dilakukan adalah dengan studi kepustakaan dan teknis analisis dengan metode deduktif.
E-Procurement sudah diterapkan di Indonesia walaupun belum secara keseluruhan.Konsep E-Procurement di Indonesia dan Australia menggunakan modul dan aplikasi pengadaan berbasis web.Negara Australia yang telah berhasil dengan sistem E-Procurement dalam pengadaan barang dan jasa pemerintahnya.Sistem E-Procurement di Indonesia dan Australia memiliki kelebihan dalam penghematan anggaran belanja Negara dan sistem lelang yang lebih terstrruktur dan transparan.   Kekurangan dari sistem ini meliputi infrastruktur dan pemeliharaan sistem di Negara Indonesia  dan Australia.  
Kata kunci: Studi Komparatif, E-Procurement, Kontrak Pengadaan barang dan Jasa Pemerintah
ABSTRACT
This legal research aims to find out the concept of E-Procurement system implementation in procurement contracts and government services as well as knowing the advantages and barriers to the implementation of this system in the procurement of government goods and services in Indonesia and Australia.
This research is a legal prescriptive and applied . The research method uses a conceptual approach and comparative approach . Legal materials that has been used  the primary legal materialsand secondary legal materials. Mechanical collection of legal materials is carried out by the study of literature and technical analysis of legal materials using deductive method.
E-Procurement has been applied in Indonesia, although not as a whole. The concept of E-Procurement in Indonesia and Australia use the module and web-based procurement application. Country Australia who has had success with E-Procurement system in government procurement. E-Procurement System in Indonesia and Australia had a surplus in the State budget savings and auction system more terstrruktur and transparent. Disadvantages of these systems include the infrastructure and maintenance of the system in the State of Indonesia and Australia.
Keywords:comparative law, E-Procurement, Procurement Contract