Abstrak


Pengaruh Copywriting dan Ilustrasi Musik dalam Iklan terhadap Respon Konsumen (Studi Eksperimental Pengaruh Copywriting Dan Ilustrasi Musik Dalam Iklan Repetition-break Terhadap Respon Kognitif dan Afektif Mahasiswa Komunikasi Angkatan 2013-2014)


Oleh :
Fransisca Puspitaning Ari - D0211043 - Fak. ISIP

ABSTRAK
Iklan adalah sesuatu yang lebih dari sekedar sebuah pesan promosi yang menyita sebuah tempat di koran, majalah, dan televisi. Faktanya, iklan adalah bentuk yang lebih kompleks dari komunikasi yang bekerja dengan berbagai tujuan dan strategi yang mengarah kepada berbagai dampak kepada pikiran, perasaan dan perbuatan dari para konsumen. Kegiatan ini adalah kegiatan yang paling menyita banyak biaya dibanding dengan kegiatan promosi lainnya, untuk itu penggunaan elemen-elemen desain kreatif yang efektif dalam iklan dianggap penting sebagai cara untuk mendapatkan perhatian pemirsa.
Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui Pengaruh Copywriting Dan Musik Dalam Iklan Repetition-break Terhadap Respon Kognitif dan Afektif Di Kalangan Mahasiswa Komunikasi Angkatan 2013-2014). Penelitian dilaksanakan di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Sebelas Maret, Surakarta. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dan menggunakan metode penelitian eksperimen. Peneliti menggunakan acuan berpikir Model Hierarchy of Effect untuk melihat respon audiens dimana model ini memaparkan bagaimana suatu komunikasi pesan media dalam hal ini iklan diberi pemaknaan oleh audiensnya.
Dalam penelitian proses eksperimen dilakukan dengan membagi menjadi empat grup. Angkatan 2013 dibagi menjadi dua grup yaitu A1 dan B1 yang akan diberikan iklan dengan latar musik country dengan copywriting yang memberikan informasi untuk kelompok A1, dan musik pop dengan copywriting yang memberikan informasi untuk kelompok B1. Sedangkan angkatan 2014 juga akan dibagi menjadi dua kelompok yaitu A2 yang akan diberikan iklan dengan latar musik country serta copywriting yang menyentuh emosi dan kelompok B2 yang akan diberikan iklan dengan latar musik pop dengan copywriting yang menyentuh emosi. Setelah itu para mahasiswa diberikan kuesioner untuk mengukur efektivitas musik dan copywriting dalam iklan repetition-break. Setelah mendapatkan data yang valid, peneliti dapat menguji data tersebut dan menarik kesimpulan akhir.
Dari hasil yang peneliti dapatkan, peneliti menarik kesimpulan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara respon kognitif dan afektif konsumen dari keempat kelompok yang menonton iklan repetition-break dengan copywriting dan ilustrasi musik yang berbeda.
ABSTRACT
Advertising is something more than just a promotional message which spend a place on the newspapers, magazines, and television. The fact is, advertising is a more complex shape of communication which work for many purpose and strategy that aim to various effect of mind, feel and action from the consumer. This activity is the most extravagant activity just than another promotion activity, so, the effectively of creative design elements in advertisement reputed as one way to get audience’s attention.
The purpose of this study is to determine the effect of copywriting and music illustration in repetition-break advertisement toward student of communication science of 2013/2014’s affective and cognitive FISIP UNS. The research was conducted at the Faculty of Social and Political Sciences, Universitas Sebelas Maret, Surakarta. Model Hierarchy of Effect thinking reference was used by researcher to see audience’s response where these two models exposed how message of communication in this case advertisement was defined by its audiences. This was a quantitative study with experimental research method.
Experimental process was conducted by dividing sample into 4 groups. The academic year 2013 divided into two groups A1 and B1, which shown advertisement with music country and informational copywriting for group A1, advertisement with music pop and informational copywriting for group B1. Meanwhile the academic year 2014 divided into two groups A2 which shown advertisement with music country and emotional copywriting and B2 which shown advertisement with music pop and emotional copywriting. After that all the student will be given a questionnaire to determine the effectively of the music illustration and copywriting in repetition-break advertisement. After receive valid data, the researcher can testing those data and take a final conclusion.
From all result which researcher got, researcher conclude that there is a significant different between cognitive and affective response among four groups which watched repetition-breaks ad with different copywriting and music illustration.