Abstrak


Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pasien Penderita Stroke di RSUD Dr. Moewardi Menggunakan Pohon Klasifikasi Biner dengan Algoritma Quest (Quick, Unbiased Efficient Statistical Tree)


Oleh :
Tri Septiyani - M0108109 - Fak. MIPA

ABSTRAK
Metode klasifikasi biner berstruktur pohon merupakan metode yang dapat digunakan untuk memperkirakan keanggotaan dalam kelas-kelas variabel respon kategorik. Terdapat dua metode pada klasifikasi biner yaitu CART dan QUEST. Pada penelitian ini dilakukan analisis faktor-faktor yang mempengaruhi pasien penderita stroke di RSUD Dr. Moewardi dengan menggunakan algoritme QUEST.
Data yang digunakan pada penelitian ini merupakan data pasien penderita stroke pada bulan September 2012 sampai dengan bulan September 2013 di RSUD Dr. Moewardi. Jumlah sampel yang diambil sebanyak 300 pasien. Variabel dependen yang digunakan adalah status pasien dengan kategori meninggal dan hidup. Sedangkan variabel independennya adalah usia, jenis kelamin, tekanan darah, kolesterol, gula darah, sel darah merah, obesitas, riwayat stroke, kelainan jantung dan trigliserida.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor yang mempengaruhi pasien penderita stroke adalah tekanan darah dan kolesterol.
Kata kunci : pohon klasifikasi biner, QUEST, penderita stroke.
ABSTRACT
Tree-structured binary classification is a method which can be used to estimate the membership in classes of categorical response variable. CART and QUEST are two methods on binary classification. The aim of this research is to analyze factors which affect patients with stroke in RSUD Dr. Moewardi using QUEST algorithm.
The data used in this research is patients with stroke data on september 2012 to september 2013 in RSUD Dr. Moewardi. The number of sample are 300 patients. The dependent variables are patients status, with category death or life, while independent variables are age, gender, blood pressure, cholesterol levels, blood sugar levels, red blood cell, obesity, stroke history, heart abnormalities, and triglycerides.
The results shows that the factors which affect patients with stroke are blood pressure and cholesterol levels.
Key words : binary classification tree, QUEST, stroke patients.