Abstrak


Strategi Komunikasi Program Genre (Studi Deskriptif Kualitatif Tentang Strategi Komunikasi dalam Sosialisasi Program GenRe kepada Remaja Untuk Menjadi PS (Pendidik Sebaya) dan KS (Konselor Sebaya) PIK KRR di Kab. Wonogiri).


Oleh :
Trifian Hanggaristi - D1213073 - Fak. ISIP

ABSTRAK
Permasalahan kenakalan remaja saat ini sudah sangat memprihatinkan, dimana mereka sudah melakukan hal-hal negatife seperti halnya merokok di bawah umur, melakukan seks bebas, menggunakan narkoba. Dari permasalahan seperti itu pihak BKBKSPP membuat program Genrememiliki pengembangan program ke arah pembentukan organisasi yang dikenal dengan PIK KRR. Didalam organisasi tersebut terdapat kepengurusan PS (Pendidik Sebaya) dan KS (Konselor Sebaya) dimana mereka nantinya akan memberikan informasi serta konseling permasalahan remaja. Tetapi minat remaja untuk bergabung dengan organisasi ini sedikit sekali. Maka dari itu peneliti ingin mengetahui bagaimana strategi komunikasi dalam sosialisasi program GenRe kepada remaja untuk menjadi PSĀ  dan KS, serta untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan program. Penelitian ini menggunakan studi deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk menggambarkan,memaparkan, menuturkan dan menganalisa data yang ada secara mendalam. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, dan dokumentasi. Penarikan sampel menggunakan purposive sampling. Metode analisa data yang digunakan analisa data secara kualitatif dan untuk menguji validitas data dilakukan dengan triangulasi data.
Dari penelitian ini dapat diketahui bahwa kegiatan sosialisasi program Genre ini menggunakan analisis hasil elaborasi antara strategi komunikasi dari Quinn dengan teori komunikasi Lasswell sebagai berikut (1) mengidentifikasi kondisi khalayak, (2) memilih metode dan media, (3) melakukan implementasi komunikasi, (4) evaluasi dan monitoring. Kemudian penggunakan teori dari Lasswell, dimana ada 5 komponen komunikasi sepertiSource, Message, Channel, Receiver, Effect dimasukan dalam tahapan ke 3 dari strategi komunikasi dari Quinn yaitu implementasi komunikasi. Aplikasi dalam konsep Quinn akan lebih memberikan penjabaran yang lebih lengkap jika teori Lasswell dimasukan pada tahapan imlpementasi komunikasi dari Quinn. Selanjutnya menggunakan sosialisasi yang dalam penerapannya memakai komunikasi persuasif yang memiliki teknik-teknik dalam penyusunan pesan komunikasi untuk memotivasi remaja.
Hasilnya para remaja memberikan respon positif dalam penerimaan pesan program Genre. Tetapi masih mengalami kesulitan pada saat mencari anggota PS dan KS. Karena bidang ini perlu adanya pelatihan yang menyita waktu hingga harus mengorbankan kegiatan yang lain. Jika diterapkan di basis masyarakat kurang mendapat respon baik karena kurang adanya kepemimpinan yang mendukung tetapi jika disekolah mendapat respon positif dan cenderung berkembang karena memiliki struktur organisasi dan manajemen yang tepat.
Kata kunci : Strategi Komunikasi, Sosialisasi, Program Genre
ABSTRAK
The problem of juvenile delinquency is now very poor, where they are already doing things negatife as well as under-age smoking, sex, drugs. Of problems like that the genre has BKBKSPP make program development program towards the establishment of an organization known as PIK KRR. In the organization are management PS (Peer Educators) and KS (Peer Counselors) where they will provide information and counseling adolescent problems. But the interest of young people to join this organization very little. Thus the researchers wanted to know how the communications strategy in the socialization program genre to teenagers to become supervisors and principals, as well as to determine the advantages and disadvantages of the program. This study used a qualitative descriptive study aimed to describe, explain, explained and analyze the data in depth. Data was collected by interview, and documentation. Sampling using purposive sampling. Methods of data analysis used qualitative data analysis and to test the validity of the data is done by triangulation of data.
From this research it is known that socialization program genre is using the analysis results of the elaboration of the communication strategy of Quinn with communication theory Lasswell as follows: (1) identify the condition of the public, (2) choose the methods and media, (3) implementing the communication, (4 ) evaluation and monitoring. Then the use of the theory of Lasswell, where there are five communication components such as Source, Message, Channel, Receiver, Effect included in stage 3 of the communication strategy of Quinn namely the implementation of the communication. Applications in the concept Quinn will be giving a more complete translation if Lasswell's theory entered the stage of the communication imlpementasi Quinn. Furthermore, using socialization in their application has put on persuasive communication techniques in the preparation of communication messages to motivate teenagers.
The result of the teen gave a positive response in the acceptance message Genre program. But still have difficulties when seeking members of the PS and KS. Because this field is need for time-consuming training to have to sacrifice other activities. If applied at the base of society less get a good response because of a lack of leadership support, but if the school received a positive response and tend to thrive because it has the organizational structure and appropriate management.
Keywords: Strategic Communication, socialization, Program Genre