Abstrak


Pengaruh Corporate Governance terhadap Intellectual Capital Disclosure (Studi empiris pada perusahaan perbankan yang terdaftar di BEI tahun 2010-2014)


Oleh :
Partini - F1313075 - Fak. Ekonomi dan Bisnis

ABSTAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara corporate governance yang di proksi dengan ukuran dewan komisaris, konsentrasi kepemilikan, ukuran komite audit, dan komposisi dewan komisaris terhadap intellectual capital disclosure.
Penelitian ini menggunakan data skunder yang diperoleh dari perusahaan disektor perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada tahun 2010-2014. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 158 sampel dan motede analisi yang digunakan adalah analisis regresi berganda.
Hasil penelitian menunjukan bahwa semua komponen corporate governance memiliki pengaruh signifikan terhadap intellectual capital disclosure kecuali komposisi dewan komisaris. Sedangkan untuk varibel control yang terdiri dari size, ROA, DER, dan age tidak memiliki pegaruh terhadap intellectual capital disclosure.
Kata kunci : intellectual capital disclosure, ukuran dewan komisaris, konsentrasi kepemilikan, ukuran komite audit, komposisi dewan komisaris.