Abstrak


Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Teknik Kancing Gemerincing untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Sosiologi Kelas XI IPS 2 SMA Al Islam 1 Surakarta Tahun Pelajaran 2015/2016


Oleh :
Evi Nurngaeni - K8412028 - Fak. KIP

ABSTRAK

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada pelajaran sosiologi siswa kelas XI IPS 2 SMA Al Islam 1 Surakarta Tahun Pelajaran 2015/2016 melalui penerapan model pembelajaran kooperatif teknik kancing gemerincing.

Penelitian yang dilakukan merupakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus diawali dengan tahap  perencanaan, dan dilanjutkan dengan tahap pelaksanaan siklusyang terdiri atas perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi.Subjek penelitian adalah siswa kelas XI IPS 2 SMA Al Islam 1 Surakarta Tahun Pelajaran2015/2016 sebanyak 34 siswa. Data diperoleh melalui kajian dokumen,tes tertulis, observasi dan wawancara. Teknik analisis data dengan menggunakan teknik kuantitatif dan kualitatif.Berdasarkan analisis data dan pembahasan dalam penelitian dapat disimpulkan bahwa: ada peningkatan aktivitas belajar dan hasil belajar siswa kelas XI IPS 2 SMA Al Islam 1 Surakarta melalui penerapan model pembelajaran kooperatif teknik kancing gemerincing pada pelajaran sosiologi. Peningkatan aktivitas belajar siswa dapat dilihat dari hasil analisis data pada pra tindakan diperoleh  20,59%,  pada 38,24% siklus I dan kembali meningkat menjadi 85,29% pada siklus II. Hasil belajar siswa menunjukan peningkatan dari nilai rata-rata kelas1,9dengan prosentase ketuntasan siswa sejumlah 2,94% pada pra tindakan meningkat nilai rata-atanya menjadi 2,78 dngan prosentase ketuntasan siswa sejumlah 29,4% pada siklus I dan kembali meningkat menjadi 3,21 pada nilai rata-rata dengan prosentase ketuntasan siswa sejumlah 76,47%  pada siklus II.Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan model pembelajaran kooperatif teknik kancing gemerincing dapat meningkatkan aktivitas belajar dan hasil belajar siswa pada pelajaran sosiologi kelas XI IPS 2 SMA Al Islam 1 Surakarta Tahun Pelajaran 2015/2016.

 

Kata kunci: Penelitian Tindakan Kelas, Kancing Gemerincing,  Aktivitas belajar dan Hasil Belajar.