;

Abstrak


Pengembangan Media Pembelajaran Sejarah Berbasis Video Corak Kain Sasirangan untuk Meningkatkan Kesadaran Budaya Siswa SMAN 5 Banjarmasin


Oleh :
Fitri Mardiani - S861408019 - Fak. KIP

ABSTRAK

Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan media pembelajaran yang dapat direalisasikan dalam praktik. Guru sudah sepatutnya mampu untuk berupaya untuk meningkatkan keterampilan dalam membuat media yang menarik, murah, dan efisien.  disamping itu teknologi informatika yang terus berkembang kiranya guru akan semakin mudah untuk bisa memilih dan memanfaatkan media yang tepat untuk mengembangkan pembelajaran sejarah.  Video pembelajaran merupakan suatu media yang cukup efektif untuk membantu proses pembelajaran. Pembelajaran sejarah berisi tentang nilai-nilai, dan kearifan masyarakat disekitar siswa. Nilai yang ada didalamnya dapat dijadikan dasar untuk berfikir, bersikap dan bertindak. Kain sasirangan merupakan sebuah kain khas dari masyarakat Banjar, di tiap coraknya syarat akan makna dan nilai-nilai budaya. Berdasarkan hal tersebut, fokus penelitian ini adalah mengembangkan video pembelajaran sejarah berbasis corak kain sasirangan untuk meningkatkan kesadaran budaya.

Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) yang diadaptasi dan di modifikasi Borg and Gall. Prosedur. Langkah kerja dalam penelitian meliputi: 1) studi pendahuluan, 2) pengembangan media, 3) Uji coba produk, 4) implementasi penggunaan media, serta 5) uji efektivitas produk. Uji efektivitas produk dilakukan dengan metode Eksperimen. Penelitian ini dilakukan di SMAN 5 Banjarmasin. Kelas X3 dipilih sebagai kelompok kontrol dan kelas X5 dipilih sebagai kelas eksperimen.

Berdasarkan hasil analisis uji efektivitas, hasil post tes kelas eksperimen (menggunakan media yang dikembangkan) lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol (menggunakan power point). Pernyataan berikut dibuktikan berdasarkan hasil analisis melalui uji t. Dari hasil uji t  diperoleh thit = 4,174 > ttab 1,294 maka dapat ditarik kesimpulan bahwa  keputusan uji H0  ditolak dan itu artinya kedua kelompok memiliki sikap keadaran budaya. Terdapat hasil perbedaan skala sikap terhadap post test kelas eksperimen dan kelas kontrol membuktikan bahwa produk video pembelajaran sejarah berbasis corak kain sasirangan yang di kembangkan efektif untuk meningkatkan kesadaran budaya.

 

Kata Kunci: Pengembangan Media, Corak Kain Sasirangan, Kesadaran Budaya