Abstrak


Penerapan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik (PMR) dengan Media Visual dalam Peningkatan Pembelajaran Matematika tentang Bangun Datar pada Siswa Kelas V SDN 2 Krandegan Tahun Ajaran 2015/2016


Oleh :
Heni Nurhayanti - K7112518 - Fak. KIP

ABSTRAK

Tujuan  penelitian  ini  yaitu: (1) mendeskripsikan  langkah-langkah penerapan pendekatan  PMR  dengan  media  visual, (2) meningkatkan  pembelajaran Matematika, dan (3) mendeskripsikan kendala dan solusi pada penerapan pendekatan  Pendidikan Matematika Realistik (PMR)  dengan  media  visual.

Penelitian Tindakan Kelas (PTK) kolaboratif ini dilaksanakan dalam tiga siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi.Subjek  penelitian  ini  adalah  siswa  kelas  V SDN  2 Krandegan tahun ajaran 2015/2016 yang berjumlah  32  siswa. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan lembar soal. Teknik uji validitas data menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis data kuantitatif dan analisis data kualitatif.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1)  penerapan pendekatan  PMR  dengan  media  visual  dilaksanakan melalui  lima  langkah,  yaitu:  (a)  memahami  masalah  kontekstual  dengan memperkenalkan media; (b) menjelaskan  masalah  kontekstual  menggunakan  media  disertai tanya jawab; (c) menyelesaikan masalah kontekstual; (d) membandingkan, mendiskusikan, dan melengkapi  jawaban;  (e)  menyimpulkan; (2) penerapan pendekatan Pendidikan Matematika Realistik(PMR) dengan media visual  dapat meningkatkan pembelajaran Matematika pada siswa kelas V SDN2 Krandegan tahun ajaran 2015/2016 yang dibuktikan dengan peningkatkan ketuntasan hasil belajar, yaitu siklus I 70,31%, siklus II 82,5%, dan siklus III 90,3%, (3) kendala pada penerapan pendekatan PMR dengan media visual yaitu:(a) siswa tidak memperhatikan penjelasan guru, (b) guru kurang memotivasi siswa untuk bekerja sama dalam menyelesaikan masalah dan ada siswa yang mendominasi dalam menyelesaikan masalah, (c) guru belum memberikan kesempatan siswa untuk membacakan hasil diskusi dengan keinginan sendiri, (d) ada siswa yang tidak ikut menyimpulkan.Solusinya yaitu: (a) siswa lebih memperhatikan penjelasan guru, (b) guru lebih memotivasi siswa bekerja sama dalam menyelesaikan masalah dan siswa aktif dalam menyelesaikan masalah, (c) guru memberikan kesempatan siswa untuk membacakan hasil diskusi dengan keinginan sendiri, (d) siswa diminta ikut aktif menyimpulkan.

Simpulan penelitian ini adalah penerapan pendekatan Pendidikan Matematika Realistik(PMR) dengan media visual secara tepat dapat meningkatkan pembelajaran Matematika tentang bangun datar pada siswa kelas V SDN 2 Krandegan Tahun Ajaran 2015/2016.

 

Kata kunci: Pendidikan Matematika Realistik, media visual, Matematika