;

Abstrak


Keefektifan Logoterapi Medical Ministry untuk Memperbaiki Derajat Depresi dan Kualitas Hidup Pasien Hemodialisis


Oleh :
Indah Kusumawati - S501108046 - Sekolah Pascasarjana

ABSTRAK

Latar belakang : Depresi merupakan masalah kesehatan mental yang paling banyak terjadi pada pasien hemodialisis. Depresi dapat memberikan dampak yang buruk dan menyebabkan menurunnya kualitas hidup. Logoterapi medical ministry merupakan salah satu bentuk terapi yang diharapkan dapat diberikan pada pasien hemodialisis yang depresi.Tujuan studi ini adalah untuk mengetahui keefektifan logoterapi medical ministry dalam memperbaiki depresi dan kualitas hidup pasien hemodialisis yang mengalami depresi.

Metode : Studi ini merupakan randomized controlled trial dengan pre-post test design. Subjek penelitian adalah pasien hemodialisis yang depresi di RSUD Dr. Moewardi Surakarta, didapat 34 subjek penelitian dibagi menjadi dua kelompok yaitu kelompok perlakuan (n=17) yang mendapat terapi standar dan logoterapi medical ministry dan kelompok kontrol (n =17) yang hanya mendapatkan terapi standar. Logoterapi medical ministry diberikan sebanyak 6 sesi, sekali seminggu. Semua subjek penelitian sebelum dan sesudah perlakuan dinilai derajat depresi dengan Hamilton Rating Scale for Depresssion (HRSD) dan derajat kualitas hidup dinilai WHOQOL BREF, kemudian dianalisis dengan menggunakan program SPSS versi 17.

Hasil : Didapatkan perbedaan yang signifikan antara kelompok perlakuan dan kelompok kontrol dengan nilai skor HRSD adalah p = 0,004 (p < 0,05) dan skor WHOQOL BREF dengan nilai p = 0,000 (p < 0,05).

Kesimpulan : Logoterapi medical ministry efektif memperbaiki derajat depresi dan kualitas hidup pasien hemodialisis yang mengalami depresi.

 

Kata kunci : Logoterapi medical ministry, depresi, kualitas hidup, pasien hemodialisis