Abstrak


Kalimat Aktif dalam Cerpen AnhaNa< Ki (Analisis Sintaksis)


Oleh :
Lukluk Rahmawati - C1011025 - Fak. Ilmu Budaya

ABSTRAK

Penelitian ini membahas tentang bentuk dan susunan kalimat aktif serta fungsi dan kategori pengisi konstituen kalimat aktif yang terdapat dalam  cerpen Anha>run wa Bicha>run dari kumpulan cerpen Uchibbuka kal-Ma>'i karya Li>na> Ki>la>ni. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan dan menganalisis bentuk dan susunan kalimat aktif serta fungsi dan kategori pengisi konstituen kalimat aktif yang terdapat dalam cerpen. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Adapun langkah dalam penelitian ini dilakukan melalui tiga tahapan; yaitu tahap penyediaan data dengan teknik pustaka, metode simak dan metode catat, tahap analisis data menggunakan metode bagi unsur langsung (BUL) dan tahap penyajian hasil analisis data disajikan dengan metode informal.

            Hasil penelitian ini mendeskripsikan dua hal, yaitu kalimat aktif dari segi bentuk verba dan susunannya serta pengisi fungsi dan kategori konstituen kalimat aktif dalam cerpen. (1) Kalimat aktif berdasarkan bentuk verbanya meliputi; kalimat aktif berupa al-fi’lu al-la>zimu (kata kerja tak transitif), kalimat aktif aktif ekatransitif (muta’addi ila> maf’u>l bih wa>chid), dan kalimat aktif dwitransitif (muta’addi ila> maf’ulain). Adapun susunan kalimat aktif meliputi; jumlah fi’liyyah dan jumlah ismiyyah. Dalam susunan jumlah ismiyyah kalimat aktif menempati sebagai fungsi predikat yang berupa khabar jumlah fi’liyyah. (2) Kategori pengisi fungsi kalimat aktif meliputi; kategori pengisi fungsi subjek berupa nomina (ism) dan pronomina (ism dhamir), kategori pengisi fungsi predikat berupa verba tak transitif (al-fi’lu al-la>zimu) dan verba transitif (al-fi’lu al-muta’addiyu), kategori pengisi fungsi objek berupa nomina, frasa nomina, frasa preposisi, frasa adjektifa, klausa dan perkataan, serta kategori pengisi fungsi keterangan berupa frasa dan klausa.   

           

Kata kunci : kalimat aktif, unsur konstituen kalimat aktif, cerpen Anha>run wa Bicha>>run dari kumpulan cerpen Uchibbuka kal-Ma>'i karya Li>na> Ki>la>ni>.