Abstrak


Analisis Pengaruh Insentif Manajemen Pajak dan Manajemen Laba terhadap Abnormal Book-Tax Differences dengan Corporate Governance sebagai Variabel Pemoderasi


Oleh :
Maulana Iskak - F0312078 - Fak. Ekonomi dan Bisnis

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh insentif manajemen pajak dan manajemen laba terhadap abnormal book tax differencesdengan corporate governance sebagai variabel pemoderasi. Insentif manajemen pajak terdiri dari kompensasi direksi dan kepemilikan saham direksi. Insentif manajemen laba terdiri dari seasoned equity offeringsdan kerugian. Corporate governance terdiri dari proporsi komisaris independen, jumlah komite audit dan kualitas audit.

            Sampel penelitian ini menggunakan 283 perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2012 hingga 2014. Sampel penelitian tersebut diambil dengan metode purposive sampling.

            Hasil pengujian regresi menunjukkan bahwa kepemilikan saham direksi dan kerugian berpengaruh positif terhadap abnormal book tax differences. Kompensasi direksi dan kualitas audit berpengaruh negatif terhadap abnormal book tax differences. Seasoned equity offerings, proporsi komisaris independen dan jumlah komite audit tidak berpengaruh. Selain itu, kualitas audit terbukti tidak dapat menurunkan pengaruh insentif manajemen pajak dan manajemen laba terhadap abnormal book tax differencesakan tetapi justru cenderung menaikkan, sedangkan jumlah komite audit hanya mempengaruhi secara lemah dan proporsi komisaris independen tidak terbukti dapat mempengaruhi. 

Kata Kunci: abnormal book tax differences, manajemen pajak, manajemen laba, corporate governance.