Abstrak


Optimalisasi Modifikasi dalam Pembelajaran untuk Meningkatkan Hasil Belajar Servis Bawah Bolavoli pada Siswa Kelas XI Administrasi Perkantoran 1 SMK Batik 2 Surakarta Tahun Ajaran 2015/2016


Oleh :
Mohamad Afwan Ghifari - K4611068 - Fak. KIP

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan meningkatkan hasil belajar servis bawah bolavoli pada siswa kelas XI Administrasi Perkantoran 1 SMK Batik 2 Surakarta tahun pelajaran 2015/2016  melalui  penggunaan modifikasi dalam pembelajaran.

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK).  Penelitian inidilaksanakan dalam dua siklus, dengan tiap siklus terdiri dari perencanaan,pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI Administrasi Perkantoran 1 yang berjumlah 28 siswa yang keseluruhannya merupakan siswa putri. Sumber data dalam penelitian ini berasal dari guru, siswa, dan peneliti. Teknik pengumpulan data adalah dengan observasi dan penilaian hasil belajar servis bawah bolavoli. Analisis data menggunakan teknik deskriptif yang didasarkan pada analisis kualitatif dengan prosentase.

Hasil analisis data penelitian dapat disajikan sebagai berikut mulai dari pra tindakan ke siklus I dan dari siklus I ke siklus II. Pada pra tindakan, siswa belum menunjukan hasil belajar yang baik,kategori baik sekali denganprosentase 0%, kategoribaikdenganprosentase 0%, kategoricukup denganprosentase 50% atau 14 siswa, kategori kurang dengan prosentase 32,14% atau 9 siswa, kemudian kategori kurang sekali dengan prosentase 17,86% atau 5 siswa. Pada siklus I kategori baik sekali dengan prosentase 0%, kategori baik dengan prosentase 32,14% atau 9 siswa, kategori cukup dengan prosentase 46,42% atau 13 siswa, kategori kurang dengan prosentase 21,42% atau 6 siswa,dankategorikurang sekali dengan prosentase 0%, dari data tersebut bisa di dapat ada sejumlah 19 siswa telah mencapai kriteria tuntas sedangkan 9 siswa belum tuntas. Pada siklus II mencapai prosentasesangat baik 0%,baik 53,57% atau 15 siswa,cukup 42,86% atau 12 siswa,kurang 3,57% atau 1 siswa, dan kurang sekali 0%. Sehingga dari data tersebut dapat diketahui bahwa 24 siswa mencapai kriteria tuntas sedangkan 4 siswa belum tuntas.

Simpulan dari penelitian ini adalah penggunaan modifikasi dalam pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar servis bawah bolavoli pada siswa kelas XI Administrasi Perkantoran 1 SMK Batik 2 Surakarta tahun pelajaran 2015/2016.

 

Kata kunci : hasil belajar, servis bawah bolavoli, modifikasi dalam pembelajaran