Abstrak


Collaborative Governance dalam Forum Lalu Lintas dan Angkutan Jalan Kota Surakarta


Oleh :
Rahmy Hafifa - D0112075 - Fak. ISIP

ABSTRAK

Penelitian ini membahas penyelenggaraanForum Lalu Lintas dan Angkutan Jalan Kota Surakarta yang menjadi wadah kerjasama bagi aktor pemerintah maupun aktor non pemerintah dalam mengatasi persoalan lalu lintas. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penyelenggaraan kolaborasi dalam Forum LLAJ Kota Surakarta dan mengidentifikasi hambatannya.

 

Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian diperoleh melalui wawancara dan dokumentasi. Pemilihan informan dilakukan secara purposive dan snowball sampling. Validitas data menggunakan cara triangulasi sumber data. Teknik analisa data menggunakan model analisis interaktif.

 

Hasil penelitian menunjukkan bahwa Forum LLAJ Kota Surakarta belum terselenggara secara maksimal. Forum Lalu Lintas dan Angkutan Jalan Kota Surakarta hanya memenuhi beberapa kriteria collaborative governance. Dan terdapat beberapa poin yang belum terpenuhi yakni motivasi masing – masing anggota untuk terlibat dalam forum masih kurang, anggota yang terdaftar dalam forum bersifat inklusif namun dalam pelaksanaannya belum melibatkan seluruh aktor di dalamnya, dialogface to face dan komunikasi langsung masih kurang. Hambatan kolaborasinya yakni terkait struktur jaringan yang cenderung membentuk hirarki, tidak adanya kebebasan untuk melakukan kolaborasi, alokasi sumber daya keuangan yang masih kurang, belum adanya kontrol kualitas, dan juga masih adanya ego struktural.

 

Kata Kunci : Collaborative governance, Forum LLAJ, hambatan