Abstrak


Perencanaan Strategis Dinas Pekerjaan Umum Kota Surakarta dalam Pengembangan Sarana Prasarana Drainase


Oleh :
Safety Fahim Cahyanti - D0112081 - Fak. ISIP

ABSTRAK

Penelitian ini membahas masalah genangan air yang sering terjadi di Kota Surakarta, salah satu penyebabnya yaitu sistem drainase yang tidak berjalan maksimal akibat sebagian besar saluran drainase mengalami kerusakan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perencanaan strategis Dinas Pekerjaan Umum Kota Surakarta dalam pengembangan sarana prasarana drainase. Penelitian ini mengacu pada teori yang dikemukakan oleh Bryson yaitu tahap-tahap pembuatan perencanaan strategis.
Berdasarkan tujuannya, penelitian ini bersifat deskriptif. Dengan menggunakan teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan untuk penentuan informan, peneliti menggunakan purposive sampling, dan validitas data dilakukan dengan menggunakan triangulasi data. Selanjutnya untuk menganalisis data yang diperoleh, peneliti menggunakan model analisis interaktif untuk mendukung analisis SWOT dan uji tes litmus.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa, terdapat tiga isu strategis yang dikategorikan sangat strategis dengan total nilai sebanyak 34. Isu-isu strategis tersebut antara lain Isu melakukan kerjasama dengan SKPD terkait dan Swasta untuk menyusun master plan yang up to date, Isu meningkatkan kinerja pegawai dengan memanfaatkan perkembangan teknologi informasi, dan Isu mengembangakan kerjasama dengan SKPD terkait dan Swasta dalam upaya pengembangan sarana prasarana drainase. Beberapa program yang dapat dilakukan untuk menanggapi isu-isu strategis tersebut yaitu Melakukan agenda setting dalam proses reformulasi master plan drainase, Program penyelenggaraan e-government, Program pengadaan Warming Center System, dan Program penyelenggaraan forum drainase Kota Surakarta.
Kata Kunci: Perencanaan Strategis, Sarana Prasarana Drainase, Isu Stategis.