;

Abstrak


Analisis Terjemahan Kalimat yang Merepresentasikan Tuturan Kesantunan Positif dalam Novel The Host karya Stephenie Meyer dan Dampaknya pada Kualitas Terjemahan


Oleh :
Chairunnisa - S131408015 - Sekolah Pascasarjana

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk: (1). mengklasifikasi jenis-jenis penanda kesantunan positif dalam novel The Host, (2). mendeskripsikan teknik penerjemahan yang digunakan pada kalimat yang merepresentasikan tuturan kesantunan positif dalam novel The Host, (3). mendeskripsikan dampak dari teknik yang digunakan penerjemah terhadap kualitas terjemahan dari segi keakuratan dan keberterimaan pada kalimat yang merepresentasikan tuturan kesantunan positif pada novel The Host.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif-kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah dialog-dialog dalam novel The Host yang mengandung kesantunan positif dan informan yang menilai kualitas terjemahan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan analisis dokumen, kuesioner, dan focus group discussion (FGD). Analisa data dilakukan dengan metode etnografi Spradley (1980).
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa ditemukan 15 jenis penanda strategi kesantunan positif dalam novel The Host. Strategi kesantunan positif yang paling mendominasi data ialah sub-strategi menggunakan penanda identitas kelompok dengan persentase sebanyak 22, 49%. Sementara itu,untuk teknik terjemahan terdiri atas penerapan teknik terjemahan varian tunggal sebanyak 102 kali, varian kuplet digunakan sebanyak 136 kali, varian triplet digunakan sebanyak 34 kali, dan aplikasi varian kwartet 2 kali. Pada hasil uji kualitas terjemahan yakni sebanyak 263 data (95,64%) termasuk terjemahan akurat dan 12 data (4,36%) terjemahan kurang akurat, lalu 231 data (84%) termasuk terjemahan berterima, dan 44 data (16%) merupakan terjemahan kurang berterima.
Kesimpulan pada penelitian ini adalah banyak ditemukan kesantunan positif dalam novel The Host dan mayoritas teknik penerjemahan memiliki andil positif terhadap kualitas terjemahan novel The Host. Penelitian ini hanya meneliti kesantunan positif pada novel The Host. Adapun kesantunan yang lainnya dapat dijadikan bahan penelitian selanjutnya.
Kata kunci: kesantunan positif, teknik penerjemahan, kualitas terjemahan