Abstrak


Pengaruh Kekerasan Seksual terhadap Tingkat Depresi pada Perempuan Pekerja Seksual di Yogyakarta


Oleh :
Syarif Hidayatullah - G0012217 - Fak. Kedokteran

ABSTRAK

Latar Belakang : Kekerasan seksual didefinisikan sebagai tindakan seksual, usaha untuk memperoleh aktivitas seksual, maupun komentar seksual yang tidak diinginkan yang diarahkan terhadap seseorang dengan paksaan. Kekerasan seksual memiliki dampak-dampak yang sangat berpengaruh terhadap kesehatan fisik maupun mental seseorang. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kekerasan seksual terhadap tingkat depresi pada perempuan pekerja seksual.
Metode: Penelitian ini bersifat observasional analitik dengan pendekatan cross sectional. Penelitian ini dilakukan di Jl. Sosrowijayan, daerah Pasar Kembang, Malioboro, kota Yogyakarta pada bulan Januari-Februari 2016. Subjek penelitian adalah masyarakat yang pernah melakukan transaksi seksual minimal 1 tahun, berjenis kelamin perempuan, dan berusia 20-40 tahun. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik consecutive sampling dan memperoleh 75 subjek. Pengukuran kekerasan seksual dilakukan dengan kuesioner sexual experiences survey (SES). Pengukuran tingkat depresi menggunakan kuesioner Beck Depression Inventory (BDI). Data dianalisis dengan analisis multivariat regresi linear berganda.
Hasil: Hasil uji regresi linear berganda dengan metode stepwise menunjukkan pengaruh signifikan dari kekerasan seksual (β = 3,050; p < 0.001) terhadap tingkat depresi dengan nilai adjusted R square sebesar 29,5%.
Simpulan : Kejadian kekerasan seksual memiliki pengaruh yang signifikan dalam meningkatkan derajat depresi pada perempuan pekerja seksual di Yogyakarta.
Kata kunci : tingkat depresi, kekerasan seksual, Sexual Experiences Survey (SES), Beck Depression Inventory (BDI)