Abstrak


Simbol Ordo Illuminati dalam Kehidupan Sosio-Kultural Muslim di Arab Saudi (Analisis Semiotik Simbolik – Charles Sander Peirce)


Oleh :
Ani Choirun Nisa - C1011007 - Fak. Ilmu Budaya

ABSTRAK

Ordo Illuminati merupakan organisasi internasional yang bersifat sangat rahasia. Organisasi ini memiliki tujuan untuk membentuk tatanan dunia baru dan berperan penting di berbagai negara. Salah satu negara yang telah disusupinya adalah negara Arab Saudi.
Penelitian ini membahas faktor sejarah yang melatarbelakangi fenomena penggunaan simbol Ordo Illuminati oleh muslim di Arab Saudi dan aspek kehidupan yang terkait dengan penggunaan simbol-simbol Ordo Illuminati di Arab Saudi.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif-kualitatif dengan teknik pengambilan data kepustakaan (library research). Tahapan dalam penelitian ini, pertama, rancangan penelitian; kedua, pengumpulan data; ketiga, analisis data; dan keempat penulisan laporan. Teori yang digunakan di dalam penelitian ini, yaitu teori semiotik simbolik menurut Charles Sander Peirce.
Berdasarkan penelitian ini, dapat ditarik 2 kesimpulan: Pertama, adanya diplomasi antara Arab Saudi dan negara barat, kemudian membuka peluang Ordo Illuminati untuk menyusupkan simbol-simbolnya; kedua, Ordo Illuminati di Arab Saudi menyusupkan simbil-simbolnya pada aspek seni bangunan, seni musik, dan sosial.
Kata kunci: Ordo Illuminati, Simbol, Tatanan Dunia Baru, Muslim.