Abstrak


Strategi Memasuki Pasar Ekspor pada CV. Valasindo Sentra Usaha di Gondangrejo, Karanganyar


Oleh :
Swastika Bangun Inda - F3112062 - Fak. Ekonomi dan Bisnis

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi memasuki pasar ekspor pasa CV. Valasindo Sentra Usaha.Metode penelitian yang di gunakan adalah studi kasus yaitu mengambil satu objek tertentu untuk di analisa secara mendalam dengan memfokuskan pada satu masalah.

Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa CV. Valasindo Sentra Usaha menerapkan strategi memasuki pasar ekspornya menggunakan metode deskriptif analitif, yaitu dengan mengintreprestasikan (membaca, menyimak dan membandingkan) data yang ada kemudian menguraikan untuk menarik kesimpulan.Data yang di gunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Data primer meliputi data yang di hasilkan dari wawancara  langsung dari pihak yang terkait. Data sekunder diperoleh dari buku-buku yang berkaitan tentang strategi memasuki pasar ekspor, serta berbagai literature penunjang tugas akhir lainnya yang diberikan CV. Valasindo Sentra Usaha kepada penulis.

Hasil kesimpulan yang sudah diuraikan diatas maka dapat dikemukakan beberapa saran demi untuk kemajuan CV. Valasindo Sentra Usaha. Adapun saran-saran tersebut adalah CV. Valasindo Sentra Usaha diharapkanCV. Valasindo Sentra Usaha hendaknya dapat mengembangkan keunggulan–keunggulan yang mereka milikiuntuk dapat memenangkan persaingan di pasar luarnegerisecara aktif supaya lebih efektif dalam merekrut buyer. Selain menambah strategi tersebut, perlu pembenahan dalam strategi-strategi yang sudah dijalankan seperti website dibuat lebih menarik, stand pameran dagang di tata dengan desain yang lebih menarik dan lebih aktif dalam mengikuti misi dagang dan beberapa pameran dagang yang diadakan di luar negeri. Dengan begitu, maka akan mendapat buyer baru sehingga tujuan perusahaan dalam hal keuntungan finansial semakin tercapai.

Kata Kunci: Strategi Memasuki Pasar Global, Kiat Memasuki Pasar Ekspor