Abstrak


Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Komunikasi Kelas X Administrasi Perkantoran 1 di SMK Negeri 4 Klaten Tahun Pelajaran 2014/2015


Oleh :
Mukhlas Halim Al-amin - K7411100 - Fak. KIP

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Komunikasi siswa kelas X Administrasi Perkantoran 1 SMK Negeri 4 Klaten melalui model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share.
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, pada setiap siklus terdiri atas 4 fase, yaitu: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah 34 siswa kelas X Administrasi Perkantoran 1 SMK Negeri 4 Klaten. Sumber data berasal dari guru dan siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menggunakan observasi, wawancara, tes, dan analisis dokumen. Validitas data menggunakan teknik triangulasi data dan triangulasi metode dan analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif komparatif.
Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini terbukti pada siklus I dan siklus II hasil belajar siswa terus meningkat. Pada pra siklus, sebelum diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share nilai rata-rata kelas adalah 72,15 atau dengan persentase 39%. Pada siklus I hasil belajar siswa mengalami peningkatan yaitu dengan nilai rata-rata 76,26 atau dengan persentase 64,71%. Pada siklus II hasil belajar siswa mengalami peningkatan yaitu dengan nilai rata-rata 86,85 atau dengan persentase 92,05%.
Simpulan penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran Kooperatif tipe Think Pair Share dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Komunikasi kelas X Administrasi Perkantoran 1 SMK Negeri 4 Klaten.
Kata Kunci : Pembelajaran Kooperatif, Think Pair Share dan hasil belajar