Abstrak


Kolaborasi metode pembelajaran drill dan diskusi untuk meningkatkan keaktifan belajar peserta didik pada mata pelajaran melakukan prosedur administrasi perkantoran (Studi pada Kelas X AP SMK Wijaya Kusuma Surakarta Tahun Pelajaran 2015/2016)


Oleh :
Mustafa Nur Hidayat - K7411102 - Fak. KIP

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan keaktifan peserta didik pada mata pelajaran Melakukan Prosedur Administrasi Perkantoran kelas X Administrasi Perkantoran SMK Wijaya Kusuma Surakarta dengan menggunakan kolaborasi metode pembelajaran drill dan diskusi.
Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas X AP SMK Wijaya Kusuma Surakarta yang berjumlah 30. Teknik pengumpulan data melalui metode observasi, dokumentasi, dan wawancara. Rancangan penelitian terdiri dari dua siklus, setiap siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Instrumen yang digunakan adalah instrument non tes berupa lembar pengamatan untuk mengukur keaktifan peserta didik melalui aspek berpendapat, bertanya, diskusi, membaca, memperhatikan, menulis surat, menanggapi, dan menganalisis.
Hasil penelitian ini menunjukkan dengan penggunaan kolaborasi metode drill dan diskusi dapat meningkatkan keaktifan peserta didik. Keaktifan peserta didik meningkat setiap siklusnya dengan rincian sebagai berikut, pada pra-siklus sebesar 26.67% meningkat pada siklus I menjadi 46.67% dan meningkat menjadi 76.67% pada siklus II. Persentase dari masing-masing indikator keaktifan belajar juga mengalami peningkatan. Oral activities pada pra-siklus 45.28% meningkat menjadi 61.11% pada siklus I dan meningkat menjadi 78.33% pada siklus II. Visual activities pada pra-siklus 55.83% meningkat pada siklus I menjadi 67.92% dan meningkat menjadi 80.83% pada siklus II. Writing activities pada pra-siklus 65.83% meningkat menjadi 77.50% pada siklus I dan meningkat menjadi 89.17% pada siklus II. Mental activities pada pra-siklus 49.17% meningkat menjadi 64.17% pada siklus I dan meningkat menjadi 76.25% pada siklus II.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan penggunaan kolaborasi metode drill dan diskusi dapat meningkatkan keaktifan peserta didik pada mata pelajaran Melakukan Prosedur Administrasi Perkantoran kelas X Administrasi Perkantoran SMK Wijaya Kusuma Surakarta.
Kata Kunci : Penelitian Tindakan Kelas, Keaktifan, Drill, Diskusi