Abstrak


Peningkatan Keterampilan Menulis Kembali Isi Dongeng dengan Media Audiovisual Bagi Siswa Kelas III SDN 2 Mranti Kabupaten Purworejo Semester Genap Tahun Ajaran 2015/2016


Oleh :
Khoirum Radityawati - K7112522 - Fak. KIP

ABSTRAK

Tujuan Penelitian ini yaitu: (1) mendeskripsikan langkah-langkah penggunaan media audiovisual dalam peningkatan keterampilan menulis kembali isi dongeng, (2) meningkatkan keterampilan menulis kembali isi dongeng menggunakan media audiovisual, (3)  mendeskripsikan kendala dan solusi dalam peningkatan keterampilan menulis kembali isi dongeng pada siswa kelas III SDN 2 Mranti kabupaten Purworejo semester genap Tahun Ajaran 2015/2016.

Penelitian Tindakan Kelas (PTK) kolaboratif ini dilaksanakan dalam 3 siklus. Setiap siklus terdiri dari: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data berupa  observasi, wawancara, dan tes. Validasi data pada penelitian ini menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.Analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif meliputi reduksi data, penyajian, penarikan kesimpulan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) penggunaan media audiovisual sudah dilaksanakan sesuai langkah-langkahnya yaitu tahap persiapan, tahap pelaksanaan, dan tahap tindak lanjut, (2) penggunaan media audiovisual dalam pembelajaran bahasa Indonesia dapat meningkatkan kemampuan menulis kembali isi dongeng pada siswa kelas III SD Negeri 2 Mranti Tahun Ajaran 2015/2016 yang dibuktikan dengan meningkatnya nilai siswa, yaitu pada pratindkan yang mencapai KKM (75) hanya 13 siswa atau 36,11% dari 36 siswa, sedangkan rata-ratanya 69,86. Siklus I 54,34% dengan rata-rata 73,31. Siklus II 64,93% dengan rata-rata 76,50, dan siklus III 87,50% dengan rata-rata 83,15. (3) kendala yang dihadapi siswa dalam penggunaan media audiovisual terhadap peningkatan pembelajaran bahasa Indonesia tentang menulis kembali isi dongeng siswa kelas III SD Negeri 2 Mranti Tahun Ajaran 2015/2016 yaitu: (a) siswa kurang memperhatikan pembelajaran, (b) siswa kurang terlibat aktif dalam penggunaan media pembelajaran, dan (c) siswa mengerjakan evaluasi tidak sesuai waktu yang ditentukan, sedangkan kendala guru yaitu: guru kurang melihat terlebih dahulu video pembelajaran yang akan disampaikan. Solusi dari kendala siswa yaitu: (a) guru harus senantiasa mengkondisikan agar perhatian siswa selalu fokus pada materi, (b) guru lebih mengikutsertakan siswa dalam penggunaan media pembelajaran, dan (c) guru harus memberi batasan waktu dalam mengerjakan evaluasi, sedangkan solusi guru yaitu: guru harus melihat terlebih dahulu video yang akan ditayangkan sesuai dengan manfaat.

            Kesimpulan penelitian ini adalah penggunaan media audiovisual dapat meningkatkan pembelajaran bahasa Indonesia tentang menulis kembali isi dongeng pada siswa kelas III SD Negeri 2 Mranti Tahun Ajaran 2015/2016.

 

Kata Kunci: Media Audiovisual, Keterampian Menulis, Dongeng