Abstrak


Pengembangan Bahan Bimbingan Karier Berbasis Flash Player untuk Meningkatkan Kematangan Karier Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Kebakkramat Tahun Ajaran 2015/2016


Oleh :
Fajar Rosyidi - K3111030 - Fak. KIP

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kematangan karier siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP)  dengan menggunakan bahan bimbingan karier berbasis flash player. Metode yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development). Penelitian dan pengembangan ini dilaksanakan dengan mengadopsi konsep penelitian dan pengembangan Borg and Gall. Prosedurpengembangan dilakukan dengan studi pendahuluan, perencanaan, pembuatanproduk awal, uji ahli, perbaikan produk awal, produk I, uji kelompok kecil, perbaikan produk I, produk II, uji keefektifan produk dan hasil akhir produk. Subjek uji produk adalah ahli bimbingan dan konseling, ahli teknik informatika, dan guru bimbingan dankonseling. Subjek uji keefektifan produk adalah 15 siswa kelas VIII SMP N 1 Kebakkramat. Data yang terkumpul untuk mengukur ketepatan dan kelayakan menggunakan uji ahli, sedangkan untuk  keefektifan produk menggunakan angket kematangan karier.

Teknik penggumpulan data uji ahli produk yang dikembangkan menggunakan inter-rater agreement model mendapatkan nilai sebesar 0.892, dapat disimpulkan bahwa bahan bimbingan karier berbasis flash player memiliki validitas sangat tinggi. Hasil dari perhitunganWilcoxon Signed Rank Test, maka nilai Z yang didapat sebesar -3.410 dengan p value(Asymp. Sig 2 tailed) sebesar 0.001 disini terdapat probabilitas dibawah 0.05 (0.001<0.05), dengan demikian uji keefektifan bahan bimbingan karier berbasis flash player terhadap 15 siswa medapatkan hasil adanya perbedaan kematangan karier yang signifikan antarasebelum dan sesudah diberi bahan bimbingan karier berbasis flash palyer. Sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil penelitian bahan bimbingan karier berbasis flash player untuk meningkatkan kematangan karier siswa kelas VIII Sekolah Menengah Pertama (SMP) telah memenuhi kriteria ketepatan, kelayakan produk berdasarkan uji ahli serta terbukti efektifuntuk meningkatkan kematangan karier siswa. Rekomendasi bagi guru BK bahwa pemberian layanan bimbingan karier dengan menggunakan flash player karena merupakan cara yang efektif untuk meningkatkan kematangan karier siswa.

Kata Kunci : pengembangan, bimbingan karier, flash player, kematangan karier