Abstrak


Pembuatan Aplikasi Sitani Berbasis Android Dengan Modul Pemasangan Iklan, Informasi Kegiatan Penyuluhan, Dan Pemesanan Barang


Oleh :
Arif Budi Waluyo - M3113025 - Fak. MIPA

ABSTRAK

Bidang pertanian merupakan salah satu sumber mata pencaharian masyarakat di Karesidenan Surakarta. Akan tetapi masih ada beberapa permasalahan-permasalahan dibidang pertanian yang terjadi, seperti : terjadinya kelangkaan barang-barang kebutuhan pertanian, sulitnya memperoleh informasi kegiatan penyuluhan, dan kesulitan untuk menjual hasil panen pada masa panen karena permainan harga dari tengkulak.
Aplikasi SITANI dibuat menggunakan metode waterfall dengan bahasa pemrograman java dan tool android studio. Perancangan yang digunakan dalam pembuatan aplikasi ini antara lain : tabel kebutuhan fungsional, use case diagram, ERD, activity diagram, dan desain interface. Untuk pengujian aplikasi menggunakan metode blackbox.
Hasil dari tugas akhir ini adalah terciptanya aplikasi SITANI berbasis android dengan modul pemasangan iklan, informasi kegiatan penyuluhan, dan pemesanan barang.
Kata kunci : Android, Android Studio, Aplikasi, Pertanian.