Abstrak


Analisis Pengaruh Penambahan Unsur Magnesium (Mg) 2% dan 5% Terhadap Ketangguhan Impak, Tingkat Kekerasan dan Struktur Mikro pada Velg Aluminium (Al-5,68 Si)


Oleh :
Irawan Setia - K2508100 - Fak. KIP

ABSTRAK

Tujuan penelitian ini adalah: (1) Mengetahui pengaruh penambahan unsur Magnesium (Mg) pada pengecoran aluminium terhadap Ketangguhan Impak. (2) Mengetahui pengaruh penambahan unsur Magnesium (Mg) pada pengecoran aluminium terhadap tingkat kekerasan. (3) Mengetahui pengaruh penambahan unsur Magnesium (Mg) pada pengecoran aluminium terhadap struktur mikro.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Metode ini dilaksanakan dengan memberikan variabel bebas secara sengaja kepada objek penelitian untuk diketahui akibatnya terhadap variabel terikat Sampel penelitian yang digunakan adalahAluminium yang ditambah Magnesium sebesar 2% dan 5%.Masing-masingsampelsejumlah 3 buahspecimen. Data yang diperoleh dari hasil penelitian dimasukkan ke dalam tabel, dan ditampilkan dalam bentuk grafik kemudian dianalisis dengan menggunakan teknik analisis data diskriptif.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1)semakintinggiunsur magnesium (Mg) yang ditambahkanmakanilaiKetangguhanImpakhasilpengecoranaluminiumsemakinmeningkat. (2), semakintinggiunsur magnesium (Mg) yang ditambahkanmakanilaikekerasanhasilpengecoranaluminiumsemakinmeningkat. (3)semakintinggiunsur magnesium (Mg) yang ditambahkanmakaukuranbutirhasilpengecoranaluminiumsemakinkecil.
Kata kunci: Penambahan unsur Magnnesium 2% dan 5%,Ketangguhan Impak. Kekerasan Brinnel, Struktur mikro, VelgAluminium (Al-5,68 Si) (Raw material).