Abstrak


Penggunaan Model Learning Cycle untuk Meningkatkan Metakognitif dan Hasil Belajar Kognitif Siswa Kelas XI SMA Negeri 2 Boyolali


Oleh :
Mohamad Itsnan Mubarok - K2311049 - Fak. KIP

ABSTRAK

Penelitian bertujuan untuk: (1) meningkatkan metakognitif siswa kelas XI SMA N 2 Boyolali melalui model pembelajaran learning cycle; (2) meningkatkan hasil belajar kognitif siswa kelas XI SMA N 2 Boyolali melalui model pembelajaran learning cycle.
Penelitian ini termasuk dalam Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan model kolaboratif berdasarkan Kurt Lewin, dengan menerapkan model pembelajaran learning cycle dalam beberapa siklus. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan evaluasi, serta refleksi. Subjek penelitian sebanyak 27 siswa pada kelas XI IPA 4. Penelitian ini menggunakan teknik validasi triangulasi, dengan menggunakan instrumen kajian dokumen, tes hasil belajar kognitif berupa tes uraian, angket metakognitif MARSI (Metacognitive Awareness of Reading Strategies Inventory), dan observasi keterlaksanaan model pembelajaran. Pengolahan data secara kualitatif deskriptif untuk aspek metakognitif, dan secara kuantitatif untuk aspek kognitif.
Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa: (1) penerapan model pembelajaran Learning Cycle dapat meningkatkan metakognitif siswa dengan nilai diatas 3,0000 (diukur dengan angket) dari 29,6296 % menjadi 70,3703 % siswa; (2) Penerapan model pembelajaran Learning Cycle dapat meningkatkan hasil belajar kognitif siswa kelas XI IPA 4 dengan ketuntasan belajar siswa dari 22,2222% menjadi 88,8889 % dari Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) sebesar 75.
Kata kunci: metakognitif, hasil belajar kognitif, pembelajaran learning cycle.