Abstrak


Asuhan Kebidanan Ibu Bersalin pada Ny.S G2P1A0 Umur 39 Tahun Usia Kehamilan 37+3 Minggu dengan Presentasi Bokong Murni di Rsud Karanganyar


Oleh :
Dewi Triyuliyani - R0313008 - Fak. Kedokteran

Latar Belakang : Kejadian kasus presentasi bokong sekitar 2,7 %tetapi mempunyai angka morbiditas dan mortalitas janin yang tinggi. Di RSUDKaranganyar angka kejadiannya sebesar2,84 %. Tujuan dari penelitian untuk mempelajari dan memahami asuhan kebidanan pada Ny. S G2P1A0dengan presentasi bokong murni di RSUD Karanganyar secara komprehensif.
Metode : Observasional deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Subjekpenelitian ibu bersalin dengan presentasi bokong di RSUD Karanganyar. Cara pengambilan data melalui wawancara, observasi langsung dan studi dokumen rekam medik. Analisis data dilakukan secara deskriptif berdasarkan 7 langkah Varney dan metode SOAP.
Hasil : Ny. S G2P1A0datang dengan tanda-tanda persalinan. Berdasarkanpemeriksaan Ny S inpartu kala I fase aktif dengan presentasi bokong murni. Dilakukan kolaborasi dokter Sp.OG untuk pemantauan kemajuan persalinan dan pertolongan persalinan serta kolaborasi dokter Sp.A untuk tindakan resusitasi pada janin. Pertolongan persalinan dengan metode bracht. 
Kesimpulan : 
Ibu dan bayi dalam keadaan sehat, tidak terdapat kesenjangan antara teori dan praktik.