Abstrak


Penerapan Manajemen Risiko dengan Metode Jsa pada Pekerjaan Erection Segment Box Girder Sebagai Upaya Pencegahan Kecelakaan Kerja di Pt Adhi Karya (Persero) Tbk Jakarta Selatan


Oleh :
Linggar Esti Panggalih - R0013069 - Fak. Kedokteran

Latar Belakang : Menciptakan tempat kerja yang aman dan nyaman sehingga tenaga kerja terhindar dari kecelakaan kerja dan penyakit akibat kerja. Pentingnya melakukan analisis terhadap potensi bahaya pada suatu pekerjaan untuk menjamin tenaga kerja memperoleh perlindungan selama bekerja di tempat kerja. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan manajemen risiko dengan metode Job Safety Analysis (JSA) sebagai upaya pencegahan kecelakaan kerja pada pekerjaan erection segment box girder di Proyek Jalan Layang Khusus Busway Kapten Tendean – Blok.M – Cileduk Paket Kapten Tendean PT Adhi Karya (Persero) Tbk Divisi Konstruksi I.

Metode : Penelitian ini menggunakan metode deskriptif untuk menggambarkan penerapan manajemen risiko dengan metode JSA pada pekerjaan erection segment box girder di Proyek Jalan Layang Khusus Busway Kapten Tendean – Blok.M – Cileduk Paket Kapten Tendean PT Adhi Karya (Persero) Tbk Divisi Konstruksi I.

Hasil : Proyek Jalan Layang Khusus Busway Kapten Tendean – Blok.M – Cileduk Paket Kapten Tendean PT Adhi Karya (Persero) Tbk Divisi Konstruksi I telah menerapkan manajemen risiko melalui mitigasi risiko dengan Job Safety Analysis (JSA) sesuai prosedur hazard identification risk assessment and risk control untuk semua jenis pekerjaan oleh perwakilan personel K3L dimana hasil Job Safety Analysis (JSA) dapat dilakukan revisi sebagai bentuk pembaharuan dokumen. Berdasarkan analisis Job Safety Analysis (JSA) ditemukan beberapa potensi bahaya yang terdapat pada pekerjaan erection segment box girder.

Simpulan : Perusahaan telah berkomitmen melaksanakan manajemen risiko dengan menunjuk perwakilan personel K3L untuk menganalisis potensi bahaya beserta pengendalian bahaya pada pekerjaan erection segment box girder. Hal tersebut sesuai dengan OHSAS 18001:2007 Klausul 4.3.1 identifikasi bahaya, penilaian risiko dan penentuan pengendalian dan memenuhi PERMEN PU No.05/PRT/M/2014 tentang Pedoman SMK3 Konstruksi Bidang Pekerjaan Umum.